Punya Penyakit Maag? Hindari Makanan Ini!

Penyakit maag bisa membuat perut mengalami rasa sakit, mulas, dan perih. Penyakit ini timbul karena ada luka atau peradangan di lambung. Semakin parah kondisinya, semakin menyiksa pula perih yang ditanggung. Kalau sudah begitu, Inspirator yang mengidap penyakit maag harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Nah, InspiratorFreak akan memberitahu makanan apa saja sih, yang bisa membuat penyakit maag-mu kambuh atau semakin parah.

1. Makanan yang menghasilkan gas

Photo: berkhasiat.web.id

Beberapa makanan menghasilkan gas di lambung. Penderita sakit maag tidak boleh mengonsumsinya karena bisa memicu kekambuhan. Makanan yang menghasilkan gas setelah masuk lambung antara lain sawi, kol, nangka, kedondong, dan lemak hewani.

2. Makanan pedas

Photo: hellosehat.com

Memang, makanan pedas bisa menambah selera makan. Banyak orang berkata semakin pedas makanannya, semakin nikmat rasanya. Ironisnya, makanan pedas justru bisa membuat penyakit maag semakin parah karena membuat lambung luka atau mengalami iritasi. Jadi, kalau kamu positif penderita sakit maag, hindari makanan pedas ya, Inspirator.

3. Makanan yang terlalu asam

Photo: Kata.co.id

Makanan yang terlalu asam akan membuat perut terasa perih setelah dimakan. Kalau kamu sayang lambungmu, hindari cuka dan buah yang terlalu asam ya, Inspirator!

4. Makanan yang mengandung kafein

Photo: solusisehatku.com

Kafein biasanya terdapat di kopi, teh, dan cokelat. Kalau kamu biasa mengonsumsi ketiganya, sebaiknya segera ditinggalkan, ya! Kafein bisa meningkatkan produksi asam lambung. Kalau asam lambungmu meningkat, penyakit maag-mu pasti kambuh.

5. Makanan yang sulit dicerna

Photo: adajerawat.com

Makanan yang mengandung lemak tinggi lebih sulit dicerna tubuh. Jadi, kamu harus memperhatikan kadar lemak di makanan yang kamu konsunsi, supaya lambungmu mudah mengolahnya.

Penyakit maag bisa mengganggu aktivitasmu, lho, Inspirator! Umumnya, penyakit ini terjadi karena kebiasaan telat makan ataupun membiarkan perut kosong dalam jangka waktu lama. Kalau kamu mengidap penyakit maag, kamu harus disiplin menjaga pola makan. Sebaiknya hindari juga makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas supaya penyakitmu tidak kambuh. Yuk, mulai sekarang lebih disiplin dalam mengatur pola makan!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here