Pulau Terkecil di Dunia Ada di Indonesia, Lho!

Photo: Instagram @akutau.id

Siapa sangka, pulau terkecil di dunia ada di Indonesia, lho! Namanya Pulau Simping yang terletak di Pantai Teluk Mak Jantu, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kalau dari Kota Singkawang, hanya butuh 15 menit untuk sampai di pulau ini.

Pulau terkecil ini luasnya hanya setengah hektar atau sekitar 2.023 meter persegi. Meskipun berukuran kecil, pulau ini punya pesona tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan lho, Inspirator. Kamu bisa memandang hamparan Pantai Teluk Mak Jantu sambil bersantai di pulau dan merasakan embusan angin pantai. Rasanya jadi tidak sabar ingin segera liburan, ya?

Asal-usul Pulau Simping

Photo: instagram @surgaborneo

Pulau Simping pertama kali ditemukan setelah lurah dan kepala desa di Kota Singkawang diminta untuk mendata semua pulau yang ada di Singkawang. Mantan Lurah Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Pak Bastian Bakri, mengatakan pulau ini dulunya berpenghuni.

Tetapi, karena terjadi abrasi atau erosi pantai yang berimbas pada pulau itu, Pulau Simping pun ditinggalkan. Dulu, nama pulau ini bukan Simping, melainkan Kelapa Dua. Dinamakan Kelapa Dua karena di tengah pulau ini ada dua pohon kelapa. Kalau sekarang, pulau itu sudah banyak ditumbuhi pohon kelapa dan tumbuhan perdu.

Dijadikan destinasi liburan

Photo: Instagram @akutau.id

Pulau Simping sering dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Pulau kecil ini punya pantai yang indah dan tidak terlalu dalam, sehingga cocok untuk berenang. Kalau ingin menikmati pemandangan matahari terbenam, wisatawan bisa melihatnya dari pulau ini. Selain itu, di pulau ini juga ada klenteng yang digunakan warga keturunan Tionghoa untuk beribadah.

Diakui PBB

Photo: travel 4 u

Pulau Simping telah diakui sebagai pulau terkecil di dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi pulau ini, kamu akan disambut papan bertuliskan: “Tahukah Anda…? Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB. Mari lestarikan alam kita.”

Nah, kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Pulau Simping, selalu jaga kelestarian pulau itu, ya! Jangan lupa juga untuk berfoto di papan “Tahukah Anda?” itu.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here