Asal-Usul Nama Pulau Lombok, Ternyata Tidak Ada Kaitannya Dengan Cabe!

Photo: travel.dream.co.id

Pulau Lombok yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Barat termasuk destinasi populer di Indonesia. Selain menyimpan pantai-pantai nan indah, tradisi masyarakat dan kulinernya pun menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Tetapi, masih banyak yang belum tahu asal-usul nama Pulau Lombok.

Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Lombok, atau mungkin sekadar penasaran, sudah tahu belum kenapa tempat ini dinamakan Pulau Lombok?

Sering dikira berkaitan dengan cabe

Banyak yang mengira asal-usul nama Pulau Lombok berkaitan dengan cabe, karena kuliner di Lombok terkenal pedas. Di beberapa daerah, “lombok” memang artinya cabe. Jadi, tidak heran kalau banyak yang mengira Pulau Lombok berkaitan dengan cabe.

Tetapi, tahukah kamu, kalau asal-usul nama Pulau Lombok sama sekali tidak ada kaitannya dengan cabe?

Photo: lucianancy.com

Di Lombok, terdapat suku Sasak–sebutan untuk orang yang tinggal di Lombok–yang menamai tempat ini berdasarkan Kitab Negara Kertagama yang berbunyi “Lombok Sasak Mirah Adi”.

Di sana, Lombok artinya lurus, sasak artinya orang Lombok, mirah artinya permata, dan adi artinya kejayaan. Kalau dimaknai secara keseluruhan artinya orang Lombok memiliki hati yang lurus untuk dijadikan permata kejayaan.

Wah, ternyata nama pulau yang terletak di wilayah Indonesia bagian tengah ini tidak ada hubungannya dengan cabe ya, Inspirator! Kalau selama ini kamu mengira namanya Pulau Lombok karena makanannya pedas-pedas atau karena daerah ini penghasil cabe, mulai sekarang jangan sampai salah mengira lagi.

Lalu, menurut kamu, apakah kue bika ambon ada hubungannya dengan kota Ambon di Maluku? Cari tahu jawabannya di artikel ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here