Indonesia
Sumber: indonesiakaya.com

Halo Inspirator! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya ūüôā Kali ini Tim IF akan mengajak kalian untuk mengetahui profil salah satu negara yang tergabung dalam ASEAN, yaitu Indonesia. Indonesia adalah negara yang indah dan kaya akan kekayaan alam serta budaya. Banyak potensi yang bisa digali dari itu semua, namun sebelum menggalinya harus terlebih dahulu mengenal tentang Indonesia, seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang.” Jadi, yuk disimak beberapa informasi terkait identitas Indonesia : Republik Indonesia Ibu Kota¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Jakarta Presiden¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Joko Widodo Agama Mayoritas¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Islam Merdeka¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 17 Agustus 1945 Ideologi Nasional¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Pancasila Lagu Kebangsaan¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Indonesia Raya Bahasa Resmi¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Indonesia Luas¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 1.904.569 km2 Luas Perairan (%)¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 4.85 Mata Uang¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Rupiah Bergabung dengan ASEAN¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 8 Agustus 1967 (Deklarasi Bangkok)  

1. Sejarah Indonesia

Indonesia
Ilustrasi | Sumber: suluhnuswantara.org
Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lain. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudera. Setelah sekitar 350 tahun penjajahan Belanda, Indonesia menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. Selanjutnya, Indonesia mendapat tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi, dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

 2. Letak Indonesia

Indonesia
Ilutrasi | Sumber: fineartamerica.com
Republik Indonesia (RI) atau Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). ASEAN merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa, tepatnya di Pontianak. Indonesia sering disebut dengan Nusantara (Kepulauan Antara) karena letaknya yang berada di antara dua benua (Benua Asia dan Australia) dan dua samudera (Samudera Pasifik dan Samudera Hindia). Terdiri dari 17.508 pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua, dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

3. Penduduk Indonesia

Indonesia
Ilustrasi | Sumber: nuzzel.com
Berdasarkan data sensus penduduk dari BPS tahun 2010, Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 237.641.326 jiwa, menjadikan negara ini negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Berangkat dari data jumlah penduduk tersebut, jika dihitung dengan menggunakan data pertumbuhan penduduk Indonesia yang dikeluarkan oleh World Bank, yakni 1.21% per tahun, maka jumlah penduduk Indonesia tahun 2015 252.370.792 jiwa. Sebagian besar (95%) penduduk Indonesia adalah Bangsa Austronesia. Terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian timur. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau. Penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas di antaranya adalah etnis Tionghoa, India, dan Arab. Mereka sudah lama datang ke Indonesia melalui perdagangan sejak abad ke 8 M dan menetap menjadi bagian dari Indonesia. Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut, pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui keberadaan agama Konghucu di Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu dan bahasa sehari-hari, namun bahasa resmi negara, yaitu Bahasa Indonesia.

4. Bentuk Pemerintahan

Indonesia
Ilustrasi | Sumber: flickr.com
Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik konstitusional. Berarti, kepala pemerintahan dipegang oleh seorang presiden dengan wakilnya dan tetap dibatasi dengan adanya konstitusi atau Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945). Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 hingga saat ini. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014.  Rakyat juga memiliki perwakilan dalam lingkup pemerintahan yang dikenal dengan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Presiden dan DPR dipilih langsung oleh rakyat melalui pemungutan suara atau pemilu.

5. Keanekaragaman

Indonesia
Ilustrasi | Sumber: indonesiakaya.com
Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia, “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Maksudnya adalah keberagaman yang membentuk negara, jadi meskipun dengan asal dan latar belakang yang berbeda, semua penduduk Indonesia tetap dapat bersatu dan memiliki nasionalisme yang tinggi. Selain memiliki populasi besar dan wilayah yang padat, Indonesia juga memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Demikian Informasi tentang Indonesia yang telah Tim IF rangkum, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan inspirator semua. Tetap semangat ya!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ani Hardiyani Editor ¬† : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook :¬†facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY