Kamu Tipe Introvert? 6 Profesi Ini Cocok Untukmu

Individu tipe introvert cenderung suka melakukan pekerjaan secara mandiri, dalam suasana tenang, dan senang menyelami isi pikirannya. Setiap tipe kepribadian tentunya memiliki karakter spesial yang cocok untuk profesi-profesi tertentu.

Apakah kamu seseorang dengan tipe kepribadian introvert? (Cari tahu cara awal menetapkannya di sini.) Yuk, simak enam profesi yang cocok untuk tipe introvert.

1. Fotografer

fotografer
photo source: https://iso.500px.com

Salah satu karakter tipe introvert adalah mereka melihat dunia dengan cara berbeda dengan kebanyakan orang lain. Perspektif mereka yang unik bisa mengarahkan mereka untuk menghasilkan fotografi yang brilian dan bermakna, serta memungkinkan orang lain untuk ikut melihat berbagai hal dari segala sisi.

Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara mandiri, menjadi fotografer freelance, atau menjajaki profesi sebagai jurnalis foto.

2. Penulis

penulis
photo source: https://studybreaks.com

Introvert cenderung mendambakan kesendirian dan ketenangan, artinya mereka mencari kesempatan untuk menyendiri dan tenggelam dalam pikiran mereka. Karakter introvert cocok banget menjalani profesi penulis.

Bagi penulis, imajinasi adalah gerbang menuju sukses. Jangan sia-siakan untaian ide yang berseliweran di otakmu, tuangkan isi pikiranmu untuk menciptakan karya tulisan menakjubkan yang nantinya bisa kamu terbitkan.

3. Editor film/video

editor video
photo source: https://www.filehorse.com

Bagi orang yang suka bekerja dengan kecepatannya sendiri, profesi sebagai editor film/video menjadi pilihan pas. Kamu bisa mengedit potongan-potongan rekaman mentah dan menyentuhnya dengan kreativitasmu untuk menciptakan keseluruhan film yang sempurna.

Berada di ruang kantor pribadi yang nyaman, fokus pada kemampuan kreativitas dan ketelitianmu bakal menjadi pekerjaan yang nyaman dijalani.

4. Desain grafis

desainer grafis
photo source: http://www.actualmx.com

Profesi desainer grafis sangat baik bagi tipe introvert yang kreatif. Kamu bisa berkomunikasi dengan klienmu dan menyediakan apa yang mereka cari.

Tentu saja, karya desainmu akan kamu kerjakan secara mandiri. Hal ini terutama berlaku untuk desainer freelance. Menurut penelitian, sepertiga desainer grafis bekerja dari rumah sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan ketenangan dan “mengisi ulang energi” setelah berdiskusi dengan klien.

5. Programmer

programmer
photo source: https://blog.payrollbozz.com

Apakah kamu computer savvy dan senang menghabiskan waktu dengan kegiatan yang mengasah skill-mu? Profesi satu ini cocok banget untuk tipe introvert sepertimu.

Sebagai programmer, kamu bertanggung jawab mengubah program yang dirancang software developers menjadi instruksi yang dapat dibaca omputer. Untuk memilih jalur karier ini kamu perlu memiliki gelar di bidang ilmu komputer atau setidaknya pengetahuan ahli bahasa pemrograman.

6. Akuntan

akuntan
photo source: https://www.ratemyplacement.co.uk

Profesi yang cocok untuk tipe introvert selanjutnya adalah akuntan. Sebagian besar waktu akuntan dihabiskan untuk berurusan dengan angka. Profesi ini tepat bagi kamu yang bekerja independen dengan keterampilan organizing dan matematika yang kuat.

Setelah membaca ulasan tentang enam profesi yang cocok untuk tipe introvert di atas, apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi tentang gambaran kariermu di masa depan? Semoga kelak kamu mendapatkan profesi impian yang sesuai tipe kepribadianmu ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here