bahasa-tubuh-pengaruhi-kualitas-presentasi Hai Inspirator, kali ini kita dapet kiriman dari salah satu pembaca yang bakal share tips and trick ke para inspirator dalam hal presentasi. Presentasi terkadang merupakan hal yang membuat kita nervous, deg-degan, gugup, gemeteran karena harus berhadapan dengan orang banyak, misalkan mahasiswa presentasi di depan kelas atau di depan dosennya.  Tips and trick kali ini bakal di share oleh Tania Monica, mahasiswi asal Jakarta yang sekarang lagi kuliah di London School of Public Relations. Penasaran kan apa sih tips and trick yang bakal dia share. Yuk simak artikelnya ini:  

Sebagai seorang mahasiswa, terkadang kita dituntut untuk maju dan tampil di depan umum hanya untuk mengungkapkan pendapat ketika dosen bertanya atau melakukan presentasi di depan kelas. Namun, terkadang kita merasa grogi dan gugup ketika akan melakukan persentasi di depan umum karena takut persentasi yang akan kita tampilkan membosankan dan melakukan kesalahan ketika di depan audience.

Tetapi banyak cara yang bisa kitalakukan agar persentasi yang akan kita tampilkan bisa berhasil dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan persentasi yang baik :

  1. Buat Power Point sesingkat mungkin

Ketika akan melakukan persentasi biasanya kita menggunakan sebuah aplikasi yaitu microsoft power point untuk membantu audience untuk memahami materi persentasi kita. Tapi, terkadang kita memasukan semua informasi yang tidak seharusnya kita masukan dan power point kita terlihat penuh dan tidak menarik untuk dilihat. Oleh sebab itu, buatlah power point sesingkat mungkin dan hanya memasukan inti dari persentasi kita. Bila dimungkinkan masukan juga gambar-gambar yang menarik agar audience mau memperhatikan power point kita.

  1. Jangan bergantung pada teks

Biasanya ketika akan melakukan persentasi, kita akan membawa kertas kecil yang berisi informasi tambahan tentang materi yang ingin dibawakan. Sayangnya, ketika kertas kecil itu dibawa kita akan lebih fokus pada kertas tersebut dan membaca semua yang ada dikertas tersebut tanpa melihat audience kita. Akibatnya adalah audience akan merasa bosan melihat persentasi yang dibawakan. Ingat bahwa kertas tersebut hanya alat bantu bukan isi dari power point yang digunakan kalau kita lupa dengan isi power point.

  1. Coba untuk melakukan eye contact

Ketika rasa gugup melanda, terkadang kita tidak akan fokus pada audience bahkan isi power point bisa lupa begitu saja. Akibatnya kita tidak tahu lagi mau menjelaskan apa. Tetapi, kita bisa melakukan latihan untuk menatap audience dengan cara menatap pada tembok, lalu melihat kepala audience, terakhir melihat mata audience.

  1. Latihan Latihan Latihan

Practice make better. Begitulah prinsip yang ada untuk membantu kita melakuan persentasi walaupun terlihat sepele dan tidak penting tetapi itu sangat membantu. Terkadang kita tidak tahu bahan untuk dipersentasikan akibatnya kita akan terpaku pada kertas yang kita bawa. Selain itu kita juga tidak tahu mau mengatakan apa didepan karena tidak tahu isi dari materi power point yang akan dipersentasikan. Dengan latihan secara tidak langsung maka kita akan memahami materi power point. Satu hal lagi yang paling penting adalah Berdoa. Mengapa berdoa? Karena dengan berdoa membantu kita untuk lebih tenang ketika persentasi. Selain itu cobalah atur pernafasan sebelum melakukan persentasi, hal itu akan membantu kita untuk mengurangi rasa gugup kita. Itulah beberapa tips yang ada walaupun sulit tapi tidak adanya untuk dicoba bukan.   Keep Breathing, Keep Inspiring @InspiratorFreak Editor: Dylan Aprialdo Rachman

LEAVE A REPLY