Prediksi-Prediksi Bill Gates Tahun 1999 yang Menjadi Kenyataan (Bagian 1/3)

Photo credit: Google Internet

Siapa tidak kenal William Henry Gates III, atau yang lebih dikenal dunia dengan nama Bill Gates? Pendiri Microsoft Corporation ini bukan hanya terkenal dengan kedermawanannya menyumbangkan kekayaaannya dalam jumlah besar untuk kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Bill Gates juga terkenal karena kecerdasan dan prediksinya tentang teknologi masa depan. Beberapa prediksi Bill Gates tahun 1999 sekarang menjadi kenyataan.

Apa saja? InspiratorFreak membaginya menjadi beberapa tulisan.

1. Situs-situs Internet pembanding harga

Photo credit: www.inc.com

Prediksi Bill Gates: “Layanan pembanding harga otomatis akan berkembang, yang memungkinkan orang melihat-lihat harga antar banyak laman, menjadikan mudah bagi orang untuk menemukan produk paling murah untuk semua industri.”

Yang kita lihat saat ini: Anda bisa dengan mudah mencari produk tertentu di Google atau Amazon (Tokopedia, BukaLapak, Blibli, dll di Indonesia) dan mendapatkan harga berbeda-beda. Situs-situs seperti NextTag dan PriceGrabber diciptakan secara khusus untuk membandingkan harga. Di Indonesia, ada Traveloka.

2. Perangkat mobile

Photo credit: www.inc.com

Prediksi Bill Gates: “Orang akan membawa-bawa barang mungil yang memungkinkan mereka untuk terus saling terhubung dan melakukan bisnis elektrik dari mana pun mereka berada. Mereka akan bisa mengecek berita, melihat jadwal penerbangan yang mereka pesan, mendapatkan informasi dari pasar finansial, dan melakukan hampir semua urusan di perangkat mungil ini.”

Yang kita lihat saat ini: Ponsel pintar, setelah itu ada arloji pintar, benar-benar bisa melakukan semua ini.

3. Pembayaran instan dan pembiayaan online, juga layanan kesehatan yang lebih baik melalui Internet

Photo credit: www.inc.com

Prediksi Bill Gates: “Orang akan membayar tagihan mereka, menangani urusan keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui Internet.”

Yang kita lihat saat ini: Teknologi memang tidak bisa mengubah layanan kesehatan seperti cara Uber (Grab dan Go-Jek di Indonesia) mengubah layanan transportasi, tapi situs-situs seperti ZocDoc bertujuan untuk membuat usaha mencari dokter dan menetapkan jadwal menjadi lebih mudah.

Startup seperti One Medical dan Forward mencoba mengubah seperti apa wajah kantor dokter (konvensional) dengan menawarkan keanggotaan bulanan secara online dan layanan kesehatan yang didukung data.

Sekarang Anda juga bisa meminjam uang secara online melalui situs-situs seperti Lending Club dan dengan mudah melakukan pembayaran melalui situs atau aplikasi seperti PayPal dan Venmo (di Indonesia ada GrabPay, TCash, OVOPay, dll).

4. Media sosial

Photo credit: www.inc.com

Prediksi Bill Gates: “Laman-laman privat untuk teman-teman dan keluarga Anda akan menjadi hal lumrah, yang memungkinkan Anda mengobrol dan merencanakan acara.”

Yang kita lihat saat ini: Hampir dua miliar orang sudah menggunakan Facebook untuk melihat apa yang teman-teman mereka lakukan dan untuk merencanakan acara. Selain itu ada Snapchat, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger, seiring ledakan jejaring sosial lain yang lebih kecil–yang lebih dari tepat untuk mengaminkan prediksi Bill Gates ini.

Apakah prediksi Bill Gates di artikel ini sudah semuanya, Inspirator? Belum, masih ada lagi. Baca bagian kedua dan ketiganya segera.

(Diterjemahkan dari www.inc.com dengan penyesuaian seperlunya)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here