PM Singapura Ajak ASEAN Perangi Virus Zika
Foto: jawapos.com

Wabah virus zika yang melanda singapura akhir-akhir ini membuat Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong mengajak negara-negara ASEAN untuk memerangi virus zika. Dalam KTT ASEAN di ke-28 di Laos, PM Lee Hsien Loong mengatakan kepada seluruh pemimpin ASEAN untuk bersama-sama untuk memerangi virus tersebut.

“kampanye wabah zika akan terus dilakukan dan diperpanjang untuk memastikan aktivitas perdagangan masih terus terbuka antarnegara. Singapura siap bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk memerangi zika.” ujarnya seperti dilansir dari Strait Times.

Diberitakan Channel News Asia, Pemerintah Singapura mengonfirmasi ada 17 kasus yang baru ditemukan, 10 kasus diantaranya terdapat di wilayah yang sebelumnya sudah terdeteksi. Sementara tujuh kasus lainnya ditemukan di wilayah yang belum terjangkit. Seperti yang diberitakan beberapa media, Pemerintah Singapura mengumumkan infeksi Zika pertamanya bulan Mei, dengan virus yang diimpor oleh seorang pria berusia 48 tahun yang sebelumnya telah bepergian ke Brazil.

Fyi, Virus Zika pertama ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947 dan ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama pada tahun 1948 dan pada manusia di Nigeria pada tahun 1954. Virus Zika menjadi penyakit endemis dan mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 di wilayah Pasifik Selatan.

Virus Zika termasuk dalam garis virus flavivirus yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab penyakit dengue/demam berdarah. Gejala  virus Zika yang ditemukan adalah sakit kepala, nyeri di belakang mata, dan lelah.

Nah, untuk Inspirator yang baru saja bepergian  dari Singapura, ada baiknya segera melakukan cek kesehatan ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY