Peter Smith, Guru Gamelan Yang Populerkan Gamelan Di Inggris

Peter Smith, Guru Gamelan Yang Populerkan Gamelan Di Inggris
Foto: Bbc.com

Kepopuleran musik tradisional Indonesia di mancanegara sudah tentu bukan hal baru. Berbagai pementasan seni dan musik berkelas internasional kerap digelar. Bahkan seniman-seniman Indonesia rajin menyambangi pentas besar dunia.

Lalu bagaimana dengan alat musik tradisional Indonesia sendiri? Tak kalah saing, alat musik tradisonal Indonesia pun sama tersohornya. Buktinya, bule asal inggris Peter Smith tersihir dengan keindahan suara alat musik Gamelan.

Ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas York, Inggris, Peter berkenalan dengan alat musik gamelan. Saat itu ada seorang profesor yang membeli gamelan dan membawanya ke universitas. Peter yang awalnya senang bermain piano langsung berpindah menyukai gamelan.

“Kalau piano main sendiri, tapi gamelan ada suasana bersama, ada rasa berkumpul. Kalau piano harus baca not balok, sementara dalam gamelan penting untuk menghafal,” tuturnya seperti dilansir dari laman BBC.com.

Tak sekadar suka, Peter pun berniat memperdalam pengetahuannya mengenai instrumen musik Jawa tersebut. Pada tahun 1993 ia akhirnya memperoleh beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar di Solo.

“Gamelan itu memabukkan, seolah mengisi ruangan, dengan suasana indah,” tambah pria yang tidak segan menerima julukan dirinya dengan nama khas jawa, yaitu Parto. Saat itu, ia berencana tinggal satu tahun di Solo. Namun, siapa sangka, ia justru tinggal di Solo selama 3 tahun karena menyenangi suasana Kota Solo.

Foto: Bbc.com
Foto: Bbc.com

Di Inggris, Peter bekerja sebagai guru musik. Setiap pekan, ia mengajar gamelan di kelas pemula sampai yang sudah lanjut, di Southbank Centre, pusat kebudayaan terbesar di Inggris. Gamelan di Southbank Centre ini telah ada sejak awal tahun 1980. Bahkan, di seluruh Inggris sendiri saat ini terdapat lebih dari 150 kelompok gamelan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here