Ilustrasi: www.instagram.com/lokananta_musik

Bagi para pecinta musik, tidak ada salahnya mengunjungi Studio Lokananta sambil mengenang sejarah permusikan Indonesia. Pasalnya, studio ini merupakan perusahaan rekaman pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1956.

Terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 379, Kerten, Solo, Jawa Tengah, studio ini mampu menawarkan peninggalan peralatan musik zaman dulu yang sampai sekarang masih berfungsi. Terlebih lagi, di sana terdapat sebuah mixer untuk sound engineering dengan jenis Mixer Trident London Series 80 B yang hanya terdapat di dua tempat, yaitu di Studio Lokananta dan di The British Broadcasting Corporation (BBC) London, Inggris. Mixer tersebut pernah hampir dimuseumkan, namun ditentang karena frekuensi yang dihasilkan mixer secara analog jauh lebih tebal dan gemuk dibandingkan dengan yang digital.

Ilustrasi: www.siimedina.wordpress.com

Koleksi yang ada di Studio Lokananta pun tidak perlu diragukan lagi. Di sana, terdapat lebih dari 40.000 rekaman serta 5.672 vinyl berupa lagu daerah dan lagu lawas pop Indonesia. Tak ketinggalan, Lokananta juga menyimpan rekaman penting sejarah perjalanan bangsa Indonesia, salah satunya yaitu pidato Ir. Soekarno saat pembukaan Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama di Bandung pada tahun 1955.

Ilustrasi: www.lokanantamusik.com

Selain itu, nama-nama besar seperti Gesang, Sam Saimun, Waldjinah, Buby Chen, dan Jack Lesmana juga pernah menjadi bagian dari Studio Lokananta. Kini, Lokananta telah berubah wujud menjadi wadah yang menampung energi seni dan lintas generasi. Mulai dari Glenn Fredly, White Shoes and The Couple Company, Panda Besi, Senyawa, hingga Shaggydog ikut menjadi representasi musik Indonesia yang mewarnai Lokananta.

Di samping itu, Lokananta juga memfasilitasi musisi-musisi independen yang ingin merilis format rekaman analog dalam bentuk kaset yang bisa diperbanyak sesuai keinginan. Saat ini, rekaman-rekaman yang terdapat di Lokananta sudah bisa dinikmati secara streaming melalui gerai musik digital seperti Joox, Deezer, dan Spotify.

Oh iya, Lokananta juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke studio bersejarah ini, lho. Tidak hanya berkunjung, Inspirator juga dapat menggunakan Lokananta untuk mengadakan pentas musik dan seni. Namun, sebelum berkunjung atau ingin menggunakan Lokananta, Inspirator harus menghubungi Ibu Titik Sugiyanti di nomor 081393604593 atau 085647021152, serta dapat juga mengirim e-mail ke [email protected].

Selamat menikmati Lokananta!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY