Hari Kebangkitan Nasional
Bapak Proklamator, Ir. Soekarno menjunjung harapan tinggi kepada pemuda Indonesia

Hai Inspirator! Inspirator tau hari ini hari apa? Tanggal 20 Mei ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Hari yang mana pemuda-pemudi Indonesia bangkit bersatu untuk memajukan negara ini. Di zaman globalisasi seperti sekarang, kita sebagai pemuda punya peranan penting lho untuk merealisasikan kebangkitan nasional negara kita:

Jadi Generasi Muda dengan Semangat Membara

Pemuda Indonesia, harus salurkan semangat ke dalam hal positif
Pemuda Indonesia, harus salurkan semangat ke dalam hal positif | Source: sooperboy.com
Di usia kita yang masih muda ini tentunya banyak sekali keuntungannya, Inspirator. Semangat kita masih membara, atau kata lainnya sih, berapi-api. Mungkin karena belum banyak makan asam garam kehidupan, sehingga kita cenderung optimis dan bersemangat, meskipun terkadang terkesan naif. Nah, ini yang mestinya bisa kita salurkan untuk hal-hal yang positif, Inspirator. Dengan semangat dan antusiasme kita akan berbagai hal, tentunya akan sangat bermanfaat jika dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.

Pemuda, Punya Visi Jauh ke Depan

Hari Kebangkitan Nasional
Hari Kebangkitan Nasional, kita sebagai pemuda harus punya visi yang jelas untuk negara ini | Source: orangeparachute.com
Saat ini, kompetisi untuk berbagai bidang kehidupan semakin ketat. Adanya teknologi yang semakin canggih membuat setiap orang yang bersungguh-sungguh dapat sukses mengungguli kompetitornya. Akan tetapi, ada satu hal yang sangat penting, Inspirator. Namanya, VISI. Sebagai pemuda kita harus punya visi yang jelas, dan Inspirator harus tau mau dibawa kemana hubungan kita kisah hidup Inspirator. Yah, bisa jadi juga kisah percintaan Inspirator ya 🙂 Yang jelas, penting sekali punya visi yang jauh ke depan, terutama untuk bangsa dan negara. Sebagai calon-calon pemimpin bangsa ke depannya, kita sudah harus dapat berpikir jauh ke depan, mengantisipasi segala skenario yang mungkin dapat menjadi ancaman bagi negara kita di masa mendatang. Apabila kita punya visi yang jelas untuk kemajuan negara ini, jangan ragu bersinergi dengan rekan-rekan sepemikiran untuk mewujudkannya!

Kita Bisa lho Jadi Agent of Change!

Hari Kebangkitan Nasional
Pemuda dapat berperan menjadi agent of change | Source: stillharbor.org
Inspirator mungkin pernah diceritain kayak gini sama orang tua, atau senior-senior Inspirator: Sebelum berganti milenium, yang namanya guru di sekolah pasti dianggap sebagai sumber dari segala ilmu yang dipelajari. Segala sesuatu, dicek benar atau engga-nya pasti ke guru. Begitu pun di bangku kuliah, dosen dianggap sebagai sumber segala ilmu. Kini, paradigma itu udah ngga jaman lho, Inspirator! Zaman udah berubah, saatnya generasi muda bisa proaktif, inisiatif, dan nggak ragu untuk dapat melakukan hal-hal baru yang inovatif.

Generasi Muda, Sang Penguasa Teknologi

Hari Kebangkitan Nasional
Mudahnya beradaptasi dengan teknologi dapat mendukung kebangkitan negara ini | Source: starkit.co.in
Mungkin Inspirator berpikir ini agak lebay. Tapi coba bayangin deh, di keluarga Inspirator, siapa yang lebih paham cara kirim video message di LINE, atau.. cara pake filter Snapchat terbaru. Inspirator kah, atau orang tua Inspirator? 😀 Itu cuma contoh doang, tapi yang pasti contoh tersebut dapat menggambarkan bahwa generasi muda lebih menguasai dan cepat beradaptasi dengan teknologi dibanding generasi-generasi sebelumnya. Jika mampu dimanfaatkan memadai, hasil baik pasti akan muncul. Misalnya, nggak cuma pake social media untuk narsis dan pamer foto selfie Inspirator, tapi juga pake social media untuk membantu promosi bisnis atau usaha yang kita rintis.. Sambil tambahin hashtag #KerenPakeLokal dong tentunya, hehe.. 😀 Ya Inspirator, itulah sekilas refleksi peran pemuda di Hari Kebangkitan Nasional. Sesuai dengan namanya, kita sebagai para pemuda harus dapat bangkit dan membangkitkan negara ini menuju kejayaan yang semestinya didapatkan. That’s it, have a great day Inspirator!   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Agung Tyanto Editor  : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleLebih Dekat dan Lebih Dalam Bersama #Untukpapua
Next article‘Prenjak’, Film Pendek Terbaik di Semaine de La Critique 2016, Cannes

LEAVE A REPLY