Peralatan Cerdas yang Mengadopsi Teknologi Artificial Intelligence Semakin Dekat Dengan Kehidupan Kita Sehari-Hari

Vobot Halo Lamp (Credit: Vobot)

Jika kamu penggemar film tentang pahlawan super atau fiksi ilmiah pasti tidak asing lagi dengan kendaraan atau peralatan supercanggih seperti mobil yang bisa bertransformasi. Atau pengendali mungil multifungsi yang bisa mengendalikan suhu, listrik, kelembapan, dan lain-lain di satu kompleks luas, bahkan di satu negara. Kamu tentu pernah penasaran apakah ada lampu yang berperan seperti matahari atau kamera keamanan yang bisa mengidentifikasi orang atau mobil dari kejauhan untuk memperingatkanmu supaya mewaspadai adanya gangguan. Jawabannya: ada. Semua peralatan canggih ini diciptakan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang, bisa dipastikan, akan terus berevolusi dalam kecepatan tinggi.

Di tahun-tahun mendatang, teknologi AI tidak lagi sekadar disematkan untuk membuat smartphone dengan performa lebih andal atau pintu yang dibuka-tutup dengan pengenalan wajah dan/atau suara. Di ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas awal tahun ini diperkenalkan beberapa gadget dengan teknologi Artificial Intelligence yang memperlihatkan secepat apa teknologi kecerdasan buatan berkembang dan seberapa segera semua peralatan ini hadir dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dilansir dari foxnews.com, berikut beberapa produk dengan teknologi Artificial Intelligence yang diperkenalkan di acara CES:

Cocoon Cam Clarity

Kamera dengan brand tertentu sudah bisa mengenali wajah penggunanya, misalnya iPhone X terbaru. Tetapi, kamera pemantau bayi ini bisa memberitahu apakah bayi bernapas atau tidak, lalu mengirimkan data real-time dan pemberitahuan pada orang yang berkepentingan. Versi baru kamera cerdas ini menambahkan sensor untuk memantau kelembapan, suhu, analisis tidur, dan memberitahu apakah bayi menangis atau tidak.

Byton Smart Intuitive Vehicle

Apa yang membuat mobil tanpa sopir ini menarik? Di dalamnya terdapat jaringan yang terkoneksi dalam kecepatan sangat tinggi untuk menyampaikan data infotainmen ke mobil. Bukan hanya memiliki satu layar utama untuk semua penumpang, mobil ini memiliki layar untuk setiap penumpangnya, seperti di pesawat milik maskapai tertentu. Mobil rasa pesawat, seperti itu kira-kira gambarannya.

Hyundai Intelligent Personal Agent

Sejauh ini, secara umum orang tidak bisa mengirimkan pesan dari mobilnya. Tetapi, bot dengan perintah suara yang dikembangkan di Hyundai bisa mengubah realita. Orang di dalamnya bisa menyuruh mobil mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, meminta arah, dan membuka kap atas atau AC mobil dengan perintah suara.

PianoGo

Aplikasi iPad yang ditenagai teknologi Artificial Intelligence ini bisa berfungsi bersama The One Smart Piano. Dengan menggunakan Machine Learning (ML), aplikasi ini bisa memonitor dan melacak bagaimana permainanmu, membandingkan hasilnya, dan memberikan penilaian. Teknologi AI bisa memberitahu apakah si pemain bermain dengan akurat, apakah ekspresinya cukup, atau apakah iramanya bagus.

Vobot Halo Light

Ini lampu nakas yang menyapamu pada pagi hari. Vobot Halo Light akan memancarkan cahaya semakin terang seiring pagi bergeser, seperti matahari. Setelah kamu terbangun sepenuhnya, kamu bisa menanyakan tentang cuaca atau mendapatkan laporan berita untuk hari ini.

Ilustrasi kamera keamanan (Foto: Swann)

AR4X Security Camera

Kamera keamanan biasa bisa merekam gambar dan memberitahu seseorang untuk bergerak. Kamera model baru ini memiliki kecanggihan lebih tinggi. AR4X Security Camera bisa mengidentifikasi orang, mobil, bahkan hewan peliharaan dari jauh–dan memperingatkan seseorang tentang adanya gangguan. Menurut perusahaan yang memproduksinya, hanya dibutuhkan satu gambar wajah seseorang untuk membedakannya dengan wajah orang lain.

Jika contoh-contoh di atas belum cukup untuk memuaskan rasa penasaranmu tentang produk apa lagi yang sudah mengadopsi teknologi Artificial Intelligence, baca tulisan tentang 19 gadget untuk memulai pagi yang keren pake banget.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

4 KOMENTAR

  1. May I simply say what a comfort to find someone who actually understands what they’re talking
    about on the web. You definitely realize how to bring a problem to light and make it important.
    More and more people should look at this and understand
    this side of the story. I can’t believe you are not more
    popular given that you surely possess the gift.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here