penulis indonesia
Foto: Spoila - WordPress.com

Hi, Inspirator! Lazimnya di Indonesia istilah Go International hanya disematkan untuk orang yang bergelut di bidang hiburan saja, seperti penyanyi atau artis. Padahal, di berbagai bidang lain putra-putri Indonesia engga kalah harum namanya di dunia internasional. Contohnya saja sastra. Sastra? Siapa aja tuh? Yuk, lihat!

  1. Pramoedya Ananta Toer
Foto: TribunStyle.com

Siapa sih yang engga kenal penulis yang satu ini? Karya-karyanya seakan abadi. Tak lekang oleh jaman. Banyak sekali kutipan-kutipan dari bukunya yang terkenal. Dalam dunia Internasional, beliau pernah meraih beberapa penghargaaan, seperti Freedom to Write Award, Ramon Magsaysay Award, UNESCO Madanjeet Sigh Prize, The Fund for Free Expression, Fukuoka Cultural Grand Prize, dan lain sebagainya. Bahkan, ia pernah dinominasikan dalam penghargaan paling bergengsi nobel sastra. Beberapa tulisannya sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, diantaranya Spanyol, Belanda, bahkan Rusia. WOW!!!

2. Ahmad Tohari

Foto: Spoila – WordPress.com

Karya yang sangat fenomenal dari Ahmad Tohari seperti tidak asing lagi di telinga para penyuka sastra. Bagaimana tidak, karya triloginya yang berjudul Ronggeng Dukuh Paruh berhasil mencuri perhatian berbagai kalangan. Bahkan, sudah diterbitkan ke beberapa bahasa, seperti Jepang, Inggris, dan lainnya. Engga kalah hebatnya, pada tahun 1995, beliau meraih hadiah sastra ASEAN.

3. Andrea Hirata

Foto: ProfilBos.com

Andrea Hirata, penulis terkenal yang berhasil melahirkan karya yang sangat fenomenal dan sangat berdampak positif bagi pembacanya. Tulisannya yang jujur seakan menggelitik semua pihak pada saat itu. Berkat berbagai karyanya tersebut, Andrea Hirata pada tahun 2013 meraih penghargaan Winner of Buch Awards, Germany dan juga ia berhasil mendapatkan juara pada New York Book Festival. Belum lama ini pada tahun 2015, ia berhasil meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Warwick, Inggris!

4. Kuntowijoyo

Foto: Wikipedia.id

Seorang sastrawan kelahiran Yogyakarta ini telah mendulang beberapa penghargaan di bidang sastra. Salah satunya ASEAN Award on Culture and Information pada tahun 1997 dan juga FEA Right Award dari Thailand pada tahun 1999. Ia juga Berkat novelnya yang berjudul Mantra Penjinak Ular (2001), ia mendapat penghargaan dari Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera).

5. Habiburrahman El Shirazy

Foto: Republika.co.id

Penulis kelahiran Semarang ini berhasil memikat lewat karya-karya novelnya yang sangat fenomenal, bahkan beberapa sudah difilmkan. Sebut saja Ketika Cinta Bertasbih atau Ayat-Ayat Cinta yang sudah begitu booming di Indonesia. Penikmat karyanya ternyata bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga dari beberapa negara lain, salah satunya Malaysia. Berkat karya-karyanya ia berhasil meraih penghargaan The Istanbul Foundation for Science and Culture atas karyanya yang berjudul Api Tauhid.

Nah, itu dia 5 penulis yang karyanya sudah diakui dunia alias Go International. Kelima penulis itu membuktikan kiprah Indonesia di bidang sastra ternyata tidak kalah hebatnya! Coba untuk membaca karya-karya mereka yuk! Bangga dengan sastra Indonesia.

(Penulis: Noviyanti)

Keep Breathing Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY