Pemkot Makassar Kenalkan Inovasi Angkot Wifi Untuk Solusi Kemacetan

Pemkot Makassar Keluarkan Inovasi Angkot Wifi Untuk Solusi Kemacetan
Pete-Pete Smart, Angkot Wifi inovasi Pemkot Makassar (Foto: Detikfinance)

Masalah kemacetan ternyata tak hanya menyerang kota Jakarta. Kota besar lainnya seperti Makassar pun mengalami masalah yang sama. Mengatasi kemacetan, Pemerintah Kota Makassar membuat inovasi angkot wifi bernama `Pete-Pete Smart’.

Sepeti diberitakan oleh Detik Finance, Mohammad Ramdhan Pomanto selaku Wali Kota Makassar berinisiatif membuat angkot yang dilengkapi teknologi WiFi. Angkot tersebut dibuat menggunakan biaya pribadi senilai Rp 250-300 juta untuk 1 prototype.

Untuk saat ini, `Pete-Pete Smart` dalam tahap uji coba kelayakan. Pada tahun 2017 ini ditargetkan akan ada 10 angkutan dan 5000 unit angkot pada tahun 2018. Keberadaan `Pete-Pete Smart` diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi massal masyarakat Makassar sehingga dapat mengurai kemacetan.

“Tahun depan nanti di beli oleh pengurus angkot karena ini saya buat untuk melawan motor. Persoalan utama ini motor, bagaimana pengganti motor ini nyaman dan full AC, bisa wifi dan bisa kerja,” ujarnya.

`Pete-Pete Smart`juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti 12 kursi penumpang, 4 tempat untuk berdiri, dan 1 untuk penyandang disabilitas. Setiap kursi juga dirancang agar dapat digunakan sebagai terminal pengisian ulang baterai, dan 2 CCTV yang terhubung ke sistem Pemda.

Para penumpang cukup membayar Rp 10.000 dalam sehari untuk satu rute dalam selisih 2 jam penggunaan. Proses pembayaran menggunakan uang elektronik yaitu menggunakan kartu smart card yang disediakan pemerintah daerah.

Ia menyebut inovasi Pemkot Makassar tersebut telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah Jepang. Oleh karena itu akan segera dipatenkan oleh Ramdhan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here