Pembukaan Seleksi Calon Asesor Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif 2017 (PMK3I 2017)

PMK3I
Sumber : Bekraf

Presiden Joko Widodo membentuk lembaga baru non kementerian bernama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Badan ini bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Bekraf bertugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan, dan melakukansinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif, yang terdiri dari 16 subsektor ekonomi kreatif yaitu: Aplikasi dan Game; Arsitektur; Desain Interior; Desain Komunikasi Visual; Desain Produk; Fashion; Film, Animasi, danVideo; Fotografi; Kriya; Kuliner; Musik; Penerbitan; Periklanan; Seni Pertunjukan; Seni Rupa; Televisi dan Radio.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi Bekraf terhadap 16 subsektor ekonomi kreatif tersebut,  Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif memiliki beberapa program yang salah satunya adalah Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Adapun tujuan PMK3I adalah mengenali dan memetakan potensi ekonomi kreatif di daerah dengan menilai potensi unggulan dari daerah tersebut. Hasil pemetaan ini akan menjadi acuan utama dalam mewujudkan “Sistem Ekonomi Kreatif Nasional agar arah pembangunan ekonomi kreatif dapat terjaga untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam kerangka keberlanjutan ekonomi, lingkungan dan sosial.

Pada tahun ini akan dilaksanakan Penilaian Mandiri terhadap 30 Kabupaten/Kota Kreatif, sebagai tindak lanjut dari kegiatan PMK3I Tahun 2016. Kami memberikan kesempatan bagi Anda untuk bergabung sebagai calon assessor PMK3I Tahun 2017. Adapun tugas utama para assessor adalah melakukan penilaian serta pendampingan Kabupaten/Kota dalam melakukan proses PMK3I. Assessor yang dipilih lebih diutamakan memiliki latar belakang subsektor Fashion, Kriya, Kuliner, Aplikasi & Game atau subsektor lainnya. Kolaborasi berlangsung sejak ditetapkannyasampai dengan Desember 2017.

Adapun prosedur pendaftarannya, adalah sebagai berikut:

            1. Mengirimkan CV/Portfolio;

2. Membuat karya tulis ringkas maksimum 1000 kata berisi:

•   Pemahaman tentang ekonomi kreatif;

•   Potensi dan tantangan pengembangan sistem ekonomi kreatif nasional;

•  Inovasi untuk fasilitasi dan pendampingan kepada pelaku, proses, subsektor kreatif dan daya ungkit yang diusulkan untuk tingkat kota-kabupaten, provinsi maupun secara nasional.

Proses penetapan assessor akan dilakukan melalui 3 tahap seleksi selama bulan Februari-Maret 2017. Mekanisme pendaftaran Assessor PMK3I 2017 dapat dilakukan dengan mengirimkan surel ke [email protected]. Batas akhir pendaftaran pada tanggal 17 Februari 2016 pukul 16.00 WIB.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here