Suka Jalan? Ini Pekerjaan yang Cocok Buat Pecinta Traveling

Jika kamu menikmati setiap perjalananmu saat mengunjungi berbagai wilayah, ada baiknya kegiatan yang kamu suka itu kamu jadikan mata pencaharianmu, Inspirator. Kalau kamu melakukan pekerjaan dari hobimu, kamu pasti dengan sepenuh hati menjalaninya. Berikut ada beverapa pekerjaan yang cocok untuk pecinta traveling yang patut kamu pertimbangkan.

Usaha tour agent

Image result for travel agent
Foto: http://caaneo.ca/

Jika kamu memiliki pengetahuan luas mengenai tempat wisata yang bisa dikunjungi pelancong, kamu bisa membuka agen travel. Pada awal membuka usaha, fokuslah pada ticketing, hotel, dan transportasi. Setelah itu, kamu bisa membuat paket-paket perjalanan yang membuat konsumen tertarik ikut perjalanan tersebut. Terus perdalam dan update pemahamanmu tentang dunia tur serta pemasaran, dijamin usahamu cepat meroket. Apalagi, saat ini informasi dengan mudah dapat diperoleh dari ponsel di genggaman, sehingga semua bisa dilakukan dengan praktis.

Travel vlogger

Image result for travel vlogger indonesia
Foto: http://pewebanget.blogspot.com/

Vlogger atau video blogger menjadi salah satu pekerjaan yang sedang ramai diincar. Jika kamu menjadi vlogger, kamu tidak perlu datang ke kantor, melainkan hanya butuh kamera untuk merekam dan laptop untuk mengedit video. Setelah itu, upload video perjalananmu di YouTube. Semakin banyak orang menonton, me-like, maupun mengomentari unggahanmu, semakin banyak pula gaji yang kamu terima dari YouTube. Di Indonesia, sudah banyak vlogger traveling loh, sebut saja Lostpacker, Jalan2men, TelusuRI, dan Marischka Prudence.

Travel blogger

Related image
Foto: https://www.checkfront.com/

Banyak orang menikmati seni menulis untuk mendokumentasikan kegiatannya, termasuk travelling. Tidak ada salahnya jika kamu ingin menghasilkan uang dari pekerjaan ini, Inspirator. Lagi pula, sekarang semua orang bisa menjadi citizen journalist, sehingga kamu bisa membuat lamanmu sendiri untuk bercerita tentang perjalananmu, membagikan tips-tips tentang bepergian, dan menawarkan rekomendasi lokasi wisata yang bisa pembacamu kunjungi. Ingat, ketahui dulu target audiensmu dan terus pantau perkembangannya, ya.

Tour guide freelancer

Image result for tour guide
Foto: https://mytoursjapan.com/

Pekerjaan menarik berikutnya yang bisa dilakukan pecinta traveling adalah menjadi tour guide freelancer. Pemandu wisata memiliki tugas untuk memberikan informasi, sejarah, interpretasi warisan budaya, serta bantuan kepada pengunjung tempat wisata. Seorang tour guide freelancer harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai suatu lokasi supaya bisa memberikan informasi yang akurat kepada pelancong. Jika kamu memahami bahasa selain Bahasa Indonesia, itu akan menjadi nilai tambah, lho.

Fotografer

Related image
Foto: http://www.sayidy.net/

Nah, pekerjaan satu ini terlihat santai, padahal cukup serius. Cocok untuk kamu yang suka memotret pemandangan alam. Cukup mengandalkan kamera dan media sosial atau media cetak, kamu bisa menjadi produktif. Kalau kamu melihat foto yang diambil fotografer traveling seperti Barry Kusuma, Pergi Dulu, Ari Amphibia, dan Christina Tan, pasti kamu langsung ingin mengemas barang-barangmu dan pergi berlibur, deh!

Nah, itu dia lima pekerjaan yang cocok untuk pecinta traveling. Apa pun pekerjaan yang ingin Inspirator geluti di masa depan, semoga pekerjaanmu bisa memberikan manfaat untuk orang lain dan membawa kebahagiaan juga untukmu, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here