Ilustrasi: Pexels.com

Bisakah Inspirator menyebutkan satu profesi yang tidak ada sepuluh tahun lalu tapi sekarang ada, atau kebalikannya, dulu ada tapi sekarang tidak ada lagi (atau jumlahnya terus menyusut)?

Sebutlah profesi selebgram (selebriti Instagram) atau akuntan; yang pertama jumlahnya lambat laun meningkat, sedangkan yang terakhir semakin berkurang–keduanya sama-sama imbas dari kemajuan dan kecanggihan teknologi, yang membuat banyak tenaga kerja manusia digantikan mesin atau komputerisasi.

Situasi dan kondisi ini bagaikan dua sisi mata pedang–di satu sisi ada sejumlah pekerjaan yang tidak lagi dibutuhkan pasar (misalnya muatan berat yang dibongkar dengan mesin derek, bukan lagi oleh buruh), di sisi lain muncul pekerjaan-pekerjaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pemutusan hubungan kerja tidak terhindarkan, tapi tingkat kecelakaan dan/atau kematian karena rendahnya keselamatan kerja juga menurun. Semua perubahan ini, jika disikapi dengan positif dan cara berpikir baru, membuka celah-celah kesempatan untuk berkembangnya kreatifitas dan produktivitas.

Jika saat ini Inspirator duduk di bangku SMA atau sederajat, Inspirator bisa mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah kelak dengan mencermati beberapa pekerjaan lama yang diprediksi hilang dan pekerjaan baru yang diprediksi lahir.

Enam Pekerjaan yang Diprediksi Hilang Di Masa Depan

Ira Wolfe, Presiden Success Performance Solutions yang sekaligus pakar dalam tren ketenagakerjaan memperkirakan sekitar lima puluh persen pekerjaan yang ada sekarang akan punah dalam beberapa dekade mendatang.

1. Sopir antaran barang (kurir) dan taksi

Antaran paket mungkin segera digantikan drone dan mobil-mobil tanpa pengemudi. Amazon sedang menguji drone luar ruang setelah mendapatkan persetujuan dari Federal Aviation Administration (FAA), demikian menurut Wall Street Journal.

Frey menulis mobil-mobil tanpa pengemudi akan menggantikan sopir mobil sewaan dan taksi. Dia menduga dewan legislasi Amerika Serikat sepakat bahwa mobil-mobil tanpa sopir adalah pilihan yang lebih aman.

Sementara itu, beberapa jenis pekerjaan baru mungkin akan muncul, seperti penyelia pengatur antaran, sistem pemantau lalu lintas, pekerja kedaruratan.

2. Guru

Pekerjaan sebagai guru mungkin tidak musnah sama sekali, tapi sistem pembelajaran daring (dalam jaringan/internet) bebas biaya mungkin akan merombak model-model pengajaran yang sekarang, demikian tulis Frey.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) sekarang menawarkan lebih dari dua ribu kuliah secara daring dan sudah ada 130 juta pengunduhan.

Khan Academy juga menawarkan kuliah dalam jumlah hampir sama dan sudah ada lebih dari seratus juta pengunduhan.

Di masa depan, mungkin akan lebih sedikit guru dan profesor, tapi terjadi penambahan jumlah pendamping (coach), perancang perkuliahan, dan kamp-kamp pembelajaran, demikian menurut Frey.

3. Agen Perjalanan

Sekarang ini bermunculan banyak situs web yang memungkinkan orang melakukan sendiri pemesanan liburannya, semisal Airbnb, Kayak, dan sejenisnya.

Fast Company menempatkan agen perjalanan di peringkat kelima dalam daftar jenis pekerjaan paling terancam pada 2014.

Rob Rawson menuliskan di blog bahwa situs-situs web penyedia layanan perjalanan menyaingi manusia pekerja agen perjalanan paling efisien sekali pun.

Dengan biaya lebih rendah, komputer dapat menentukan kebutuhan pemesan, menjawab pertanyaan melalui situs web, dan memberikan pilihan termurah dan paling cocok daripada agen perjalanan.

Menurutnya, agen-agen perjalanan takkan diperlukan lagi menjelang 2025.

4. Tenaga Pembukuan dan Akuntan

Rawson juga memprediksi tenaga pembukuan dan akuntan akan punah menjelang tahun 2028.

Chris Thompson dari Wellers Accountants menuliskan bahwa kecerdasan bisnis oleh tenaga pembukuan melalui pengolahan dan pelaporan angka menjadi kunci penting dalam pembuatan keputusan strategis.

Perangkat lunak seperti QuickBooks dapat menyerap dan melaporkan data saat itu juga (real time).

Sementara itu, perangkat lunak kecerdasan buatan semisal produk Quill, sekarang bisa melakukan analisa data dan menuliskan laporan yang berdasarkan gabungan dari beberapa sumber data.

5. Penafsir dan Penerjemah

Nuansa suatu bahasa melalui penafsiran suara merupakan hal rumit bagi komputer, seperti pernah dialami Kevin Rawlinson dalam suatu perjalanan ke Bilbao, Spanyol.

Melalui artikel BBC News, dia menuliskan bahwa bermacam-macam aplikasi bahasa buatan Google mungkin bisa membantu, tapi canggung dalam praktiknya.

Menurut The Economist yang mengutip dari lembaga konsultasi Common Sense Advisory, penjualan dalam industri penafsiran bahasa telah mendekati USD37 miliar setiap tahun.

Dengan demikian, Google dan perusahaan-perusahaan terdepan bidang teknologi akan terus mencoba menyempurnakan perangkat buatan mereka.

Suatu hari nanti, kebutuhan untuk penafsir dan penerjemah akan menghilang.

6. Reporter Surat Kabar

Careercast mencantumkan reporter surat kabar dalam daftar pekerjaan sekarat 2014 sebagai salah satu pekerjaan paling terancam punah.

Mengutip laporan oleh NewspaperDeathWatch.com, Careercast memprediksi profesi ini akan merosot sebesar tiga belas persen dalam beberapa tahun ke depan karena pembaca beralih membaca secara daring.

Selain itu, pemasang iklan merambah kanal-kanal daring daripada edisi cetak sehingga pemutusan hubungan kerja tidak bisa dihindari.

Aplikasi-aplikasi berita akan menarik para pengguna teknologi mobile, karena pembaca bisa mengikuti perkembangan terkini ketika mengantre atau naik kendaraan umum.

Pengaruh teknologi digital dan luar angkasa yang semakin hari semakin besar juga membuka banyak peluang bermunculannya profesi-profesi “sinting” yang memberikan kesan tidak nyata.

Berikut Enam pekerjaan baru yang diprediksi dimiliki manusia di masa depan:

1. Juru Printer Tiga Dimensi

Maksudnya bukan tukang yang memperbaiki printer Inspirator, melainkan mencetak material pengganti untuk pipa bocor yang ingin Anda perbaiki, rumah baru, atau robot pribadi.

2. Arsitek Sampah

Di masa mendatang akan ada banyak sekali sampah di Bumi sehingga kita harus mencari cara baru untuk mengatasinya. Ada sejumlah konsep untuk kota-kota terapung yang dibangun dari alga dan limbah, tempat penghuninya bisa mencapai dua puluh ribu jiwa, atau paviliun yang dibangun dari cangkir plastik–itu dua contoh pekerjaan yang dilakukan arsitek sampah.

3. Pemandu Wisata Luar Angkasa

Entah hanya perjalanan tiga puluh menit di atas Bumi atau proyek kolonisasi Mars selama dua tahun, akan dibutuhkan seseorang untuk membawa Inspirator melihat-lihat dan membantu mencarikan tempat-tempat terbaik untuk melakukan swafoto atau menemukan Wi-Fi gratis. Bisa saja si pemandu wisata menjual sepotong bulan asli sebagai magnet kulkas.

4. Manajer Kematian Digital

Jika Inspirator pikir profesi ini tidak masuk akal, tunggulah 20-30 tahun lagi. Orang akan menghabiskan begitu banyak waktu di Inteenet sehingga mereka membutuhkan orang untuk mengurus akun media sosial, bank, dan catatan kesehatan mereka. Haruskah akun Facebook seseorang dihapus setelah dia meninggal, atau hanya dibekukan? Lalu foto-foto di penyimpanan Cloud–haruskah dihapus atau diberitahukan pada keluarga terdekat? Bagaimana dengan kata sandi? Semua urusan ini bisa didiskusikan dengan manajer kematian digital.

5. Penambang Asteroid

Riset menunjukkan bahwa asteroid mengandung timbunan platinum, rodium, dan paladium yang berharga dalam jumlah besar, sehingga menambang asteroid akan menjadi bisnis dengan potensi keuntungan sangat menggiurkan. Mungkin saja anak-cucu kita nanti menjadi penambang asteroid.

6. Petani Perkotaan

Populasi manusia yang terus bertambah banyak lambat laun akan mengambil lahan pertanian sebagai tempat tinggal, yg mengarahkan manusia pada perlunya mencari tipe-tipe baru sistem pertanian–sawah di atap, model penanaman vertikal, setiap senti permukaan yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, tanaman tetap harus dirawat, dan di situlah petani perkotaan dibutuhkan. Mungkin gembala perkotaan juga, siapa tahu?

Sebagai penyuka traveling, saya tertarik menjadi pemandu wisata di luar angkasa, kalau bisa menjual cenderamata dari pecahan meteor. Bagaimana dengan kamu?

(Tulisan dirangkum dari berbagai tautan di Internet.)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY