Sumber: #kitamorotai

Pulau Morotai merupakan sebuah pulau sekaligus kabupaten definitif baru yang terletak di kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku Utara. Pulau ini sangat strategis sebagai jalur perdagangan di timur Indonesia, serta memiliki kekayaan alam juga potensi wisata bahari yang mempesona.

Namun dibalik potret indah itu, Pulau Morotai masih jauh tertinggal dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan. Fakta inilah yang kemudian mendorong sekelompok anak muda yang tergabung dalam Tim Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM ) Universitas Gajah Mada (UGM) membentuk sebuah gerakan bernama #KitaMorotai.

Komunitas ini fokus bergerak di bidang pendidikan karena minimnya fasilitas pendidikan serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan disana. Meski baru setahun mengabdi untuk Morotai, gerakan ini sudah mendonasikan buku untuk anak-anak Morotai dan membangun rumah baca di Morotai.

“Tahun kini kita merintis program baru yaitu Uniform for Morotai, donasi untuk seragam dan peralatan sekolah karena disana untuk seragam dan alat sekolah masih ala kadarnya. Bahkan saat pergi sekolah, anak-anak ada yang tidak memakai seragam karena tidak punya seragam,” tutur Farid Ibrahim, anggota #KitaMorotai saat diwawancarai Inspirator Freak.

Perbaikan dan pembangunan rumah baca #kitamorotai di salah satu Sekolah Dasar di pulau Morortai (Foto:#kitamorotai)
Perbaikan dan pembangunan rumah baca #kitamorotai di salah satu Sekolah Dasar di pulau Morortai (Foto:#kitamorotai)

Farid pun menambahkan, permasalahan di Morotai tak hanya dibidang pendidikan saja. Ketersediaan listrik yang serba terbatas menjadi persoalan yang tak kalah pentingnya. Di desa Poporoco dan Kolorai misalkan, listrik hanya beroperasi selama kurang lebih enam jam, dari pukul 18:00-24:00 WITA. #KitaMorotai pun menggagas program pengadaan panel surya untuk mengatasi kebutuhan listrik masyarakat Morotai.

Kegiatan yang dilakukan komunitas #kitamorotai bersama masyarakat Morotai (foto: #kitamorotai)
Kegiatan yang dilakukan komunitas #kitamorotai bersama masyarakat Morotai (foto: #kitamorotai)

“Melihat kondisi Morotai yang demikian dan belum ada tim KKN-PPM UGM yang kesana, kita ingin mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Morotai,” ucap mahasiswa Jurusan Tekhnik Mesin di UGM ini. Farid juga berharap agar masyarakat bisa ikut andil dalam gerakan ini baik melalui donasi buku maupun bantuan dana yang akan sangat membantu dalam merealisasikan program-program mereka.

Sumber: #kitamorotai
Sumber: #kitamorotai

Nah, buat inspirator yang mau membantu adik-adik di Morotai bisa menyumbangkan buku dengan mengirimkan ke alamat drop box maupun bantuan dana yang tertera di poster atas. Sekecil apapun bantuan yang inspirator berikan akan berdampak sangat besar pada kemajuan pendidikan adik-adik di Morotai. Karena kita adalah Morotai dan karena Morotai adalah bagian dari Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Ifa Ikah

Editor   : Dylan Aprialdo Rachman

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY