Kamu Pasif Saat Tugas Kelompok? Ini 5 Kerugiannya

Banyak mata kuliah memberikan tugas kelompok pada mahasiswanya. Tugas kelompok itu baik, karena bisa mengasah kemampuanmu, antara lain kemampuan bernegoisasi, critical thinking, dan memahami sudut pandang orang lain. Tetapi, pernah tidak, kamu melihat temanmu pasif saat tugas kelompok, atau justru kamu yang pasif?

Inspirator, sangat dianjurkan supaya kamu aktif berpendapat di tugas kelompok untuk mencapai kata sepakat. Orang yang pasif saat kerja kelompok, ketika ditanya apa pendapatnya mengenai suatu hal, jawabannya pasti, “Terserah.” Itu bukan jawaban bagus, Inspirator.

Ada lima kerugian jika kamu pasif saat tugas kelompok.

1. Kemampuanmu tidak terasah

Jika kamu terlibat tugas kelompok, manfaatkan kesempatan itu untuk mengeluarkan semua pendapat dan ide kamu, dan nantinya bergantian mendengarkan pendapat teman lain. Kelak ketika kamu masuk dunia kerja, kamu juga pasti terlivat dalam kerja tim.

2. Kamu jadi tidak mengerti materi tugas

Karena jarang terlibat dalam diskusi saat kerja kelompok, akhirnya kamu tidak mengerti apa yang dibahas kelompokmu. Kalau kamu selalu pasif, pasti kamu cepat merasa bosan dan mengantuk. Sangat disayangkan jika kamu pasif, karena kamu tidak mendapatkan pelajaran apa pun.

3. Kemampuan kamu tidak meningkat

Tugas kelompok bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kemampuan diri seseorang. Coba perhatikan teman kamu yang aktif saat tugas kelompok, dia semakin pintar, bukan? Keaktifan membuat kemampuannya terus berkembang.

4. Buang waktu dan buang uang

Untuk ikut kerja kelompok pasti kamu mengeluarkan uang dan waktu kan, Inspirator? Kalau kamu pasif saat kerja kelompok, uang dan waktumu jadi terbuang sia-sia. Kamu merasa kerja kelompok itu tidak ada faedahnya. Bagaimana kamu bisa mendapatkan faedah dari kerja kelompok kalau kamu diam saja?

5. Tidak disukai teman-temanmu

Karena kamu hanya diam dan tidak memberikan kontribusi apa pun pada kelompokmu, wajar saja teman sekelompok tidak menyukaimu. Dampak buruknya ke depan, biasanya mereka tidak ingin lagi mengajakmu untuk sekelompok dengan mereka.

Mulai sekarang, Inspirator, jangan lagi pasif saat kerja kelompok. Sayang kan, kalau kamu tidak dapat pembelajaran apa-apa dan kemampuan kamu tidak meningkat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

(Sumber: Idntimes.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here