Pasca Serangan Westminster, Wanita Muslim London Gelar Aksi Solidaritas

Aksi para wanita Muslim di Jembatan Westminster. | Source: independent.co.uk

Selamat malam, Inspirator!

Serangan fatal yang terjadi di Westminster, London, Inggris pada tanggal 22 Maret lalu merengut nyawa lima orang korban akibat pelaku yang menabrakkan mobilnya kepada para pejalan kaki di jembatan. Tindakan terorisme ini tentu membangkitkan banyak rumor dan mengkhawatirkan banyak orang, tetapi di tengah-tengah kemuraman suasana, tetap ada secercah harapan akan hari yang lebih baik.

Dilansir dari Independent.co.uk sekumpulan wanita yang berdomisili di London dan mayoritas beragama Muslim berkumpul di lokasi terjadinya serangan, Jembatan Westminster. Mereka berdiri di sepanjang jembatan dan saling bergandengan tangan sebagai aksi solidaritas terhadap para korban yang telah tewas dan terluka.

“Kami berdiri sebagai respons kami terhadap serangan terorisme kemarin,” jelas salah satu wanita yang ikut berpartisipasi. “Melalui gerakan ini, kami menyatakan dengan tegas bahwa kami berdiri bersama melawan terorisme.”

aksi solidaritas
Foto: Tempo.co

Para wanita ini mengenakan pakaian dan atribut berwarna biru yang dapat diartikan sebagai simbol harapan. Dengan ini, mereka berharap bahwa kekerasan dapat dihentikan dan kita dapat mulai bergerak sebagai suatu masyarakat sosial yang satu dan saling menghargai.

“Ketika suatu serangan terjadi di London, maka itu adalah serangan terhadap saya. Itu adalah serangan terhadap kita semua,” ucap Sarah Wasseem, partisipan dari Surrey.

Gerakan ini diikuti oleh lebih dari belasan wanita. Tak hanya warga perempuan Muslim, wanita-wanita beragama lain dan berasal dari wilayah selain London juga ikut berpartisipasi. Gerakan ini merupakan bagian dari event-event yang diselenggarakan oleh divisi Women’s March di London.

Nah, Inspirator, ada banyak sekali hal-hal inspiratif yang dapat kita peroleh dari kejadian ini. Dengan menyatakan sikap dan tanggapan kita terhadap suatu peristiwa yang menimpa orang banyak, kita telah mendemonstrasikan keberanian dalam berekspresi dan mengundang orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Kejadian ini juga menunjukkan bahwa dengan berdiri bersama dalam satu tujuan baik, kita dapat bergabung dalam suatu asosiasi yang positif, melawan segala pengaruh buruk yang ada melalui kerjasama kolektif dan mengejar suatu objektif secara teguh dan bersama-sama. Kita juga dapat membagikan harapan bagi orang-orang yang membutuhkannya dan menjadi inspirasi bagi sesama.

Janganlah takut untuk memilih pihak yang menurut kalian benar, karena dengan bersikap netral, kita bukan membantu para korban, tapi para penindas. Mulailah membuka suara dan mengemukakan pendapat tentang hal-hal kecil di sekitar kita, sehingga kita dapat membuat perubahan untuk masyarakat untuk menuju jalan yang lebih baik. Hendaknya aksi solidaritas ini dapat menjadi contoh bagi kita semua untuk terus bersikap positif dalam setiap peristiwa hidup.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here