Parvita Siregar, Srikandi Geologist Indonesia, Tak Menjadikan Gender Sebagai Alasan Berkarier
Sungailiat Triathlon 2015 (foto:dok.pribadi)

Hai Inspirator! Ada yang tahu apa itu ilmu Geologi? Hubungannya dengan perempuan dan karakternya? Yuk simak!

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena alam. Dalam mendalami ilmu Geologi, kegiatan lapangan yang identik dengan menjelajah menjadi salah satu kegiatan wajib. Hal tersebut justru menjadi daya tarik bagi sosok Parvita Siregar, salah satu ahli Geologi (Geologist) di Indonesia dalam mendalami ilmunya di Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral, Institut Teknologi Bandung (1986-1991) dan Department of Marine and Geological SciencesUniversity of South Carolina, Columbia (1993-1995).

Wanita kelahiran Jakarta, 22 Desember 1967 ini memang suka dengan alam sejak kecil dan menginjak dewasa tidak ingin terpaku bekerja dalam ruangan. Mengamati batuan dan fenomena alam sangatlah menarik baginya. Dengan latar belakang bukan dari keluarga yang memilih ilmu geologi sebagai masa depan, tak lantas mengurangi semangatnya. Pilihan kariernya memang berbeda dari kebanyakan wanita pada umumnya.

Karena orang yang berhasil bukan berarti dia tidak pernah gagal, orang yang sukses adalah orang yang berkali-kali bangkit dari kegagalannya.
gsd
Kunjungan ke rig sebelum sumur Tutung Alpha-1 spud ketika masih bekerja untuk Salamander Energy, 2007 (foto: dok. pribadi)

Wanita yang pernah bekerja disejumlah perusahaan minyak dan gas selama lebih dari 20 tahun ini, sangat setia pada profesinya. “Saya hanya punya satu hal, yaitu setia pada profesi. Bukan kepada atasan, bukan juga perusahaan, namun terhadap profesi. Dalam bekerja harus tetap jujur dan professional,” katanya.

Selama kariernya di industri minyak dan gas, tidak pernah ada kata menyerah atau bahkan bosan terhadap profesinya. Pengalaman dalam bekerja baik itu menyenangkan atau pun tidak tetap berharga baginya untuk menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya. Selain fokus dengan profesinya, wanita yang sejak kecil aktif main basket ini sangat mengutamakan olahraga. Olahraga yang rutin sudah menjadi gaya hidupnya sejak kecil. Sampai saat ini pun, tetap aktif mengikuti berbagai kejuaraan atletik. Menurutnya, dalam berkarir sama halnya dengan orang berolahraga. Karena orang yang berhasil bukan berarti dia tidak pernah gagal, orang yang sukses adalah orang yang berkali-kali bangkit dari kegagalannya. Tetap menjalani prosesnya, latihan rutin, sabar, dan konsisten.

Sungailiat Triathlon 2015 (foto:dok.pribadi)
Sungailiat Triathlon 2015 (foto:dok.pribadi)

“Saat ini, saya sering menemui perempuan yang ingin cepat langsing, menghabsiskan puluhan juta hanya untuk langsing, dan orang yang saya tahu turun sebentar tapi naik lagi beratnya, malah lebih gemuk jadinya. Sama dengan kalau kita mau semua serba cepat, bakal goyah. Mudah dibohongi. Intinya, if we want it badly, we will do it whatever it takes. Pekerjaan pun begitu. Fokus, sabar, dan tahu target kemudian jalankan,” ujarnya. Parvita Siregar menjadi salah satu contoh wanita Indonesia yang tetap bisa tampil elegan, berkarakter, menjaga gaya hidup sehat, dan memiliki attitude, sekalipun bekerja di lapangan.

Bagaimana pun juga perempuan Indonesia dengan segala potensinya merupakan salah satu aset berharga bagi Negara. Yuk sama-sama kita belajar membentuk diri lebih baik lagi, bekerja di lapangan atau tidak dan apapun pilihan kariernya, tetap setia pada profesi kita.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Febriany Diaz Alfi

Editor   : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY