Black Panther VS Captain America : Siapa Lebih Unggul?

Belum lama ini dunia perfilman menyambut antusias film solo perdana salah satu superhero mainstream besutan Marvel Studio, Black Panther. Sebelumnya, dalam Captain America: Civil War, T’Challa alias Black Panther bersanding dengan anggota Avengers lainnya. Black Panther pada saat itu termasuk kelompok yang berpihak pada Iron Man untuk berhadapan dengan “pasukan” Captain America.

Setiap karakter superhero memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing, atau bahkan memiliki kesetaraan dalam kekuatan tertentu. Nah, ada yang menarik dari dua pahlawan super ciptaan Marvel, Black Panther dan Captain America. Inspirator yang sudah menonton Black Panther pasti tahu Wakanda adalah negara dengan teknologi supermaju dan kaya logam vibranium. Kostum Black Panther yang terbuat dari vibranium membuatnya menjadi tidak terkalahkan, bahkan tidak tembus peluru dan mampu menyerap energi.

photo source : hybridnetworkyt.com

Ternyata, bukan hanya Black Panther yang memiliki kandungan vibranium yang menjadikan kekuatannya semakin unggul. Menurut Marvel, perisai Captain America yang tidak tertandingi itu juga terbuat dari vibranium dan adamantium (logam yang ada pada Wolverine). Lantas, terlepas dari kandungan logam yang sama pada atributnya, kira-kira siapa ya, yang lebih unggul dalam berbagai aspek? Kuy, simak ulasan berikut untuk membandingkan siapa lebih unggul antara Black Panther dan Captain America.

  • Pendidikan

Dari sisi pendidikan, Black Panther ternyata bergelar Ph.D di bidang fisika. Captain America hanya lulusan SMA, tapi dia menggeluti sederetan pendidikan di luar akademis, antara lain satu tahun di sekolah seni, gimnastik, pelatihan dasar militer, dan strategi militer.

  •  Jabatan

photo source : speed-mag.com

Selain memiliki tanggung jawab untuk melindungi dunia sebagai superhero, mereka juga memiliki pekerjaan atau jabatan di luar menjadi pahlawan super. Seperti kita ketahui, Black Panther menjabat Raja Wakanda, selain itu dia juga ilmuwan dan pernah menjadi guru sekolah.

photo source : lasse17.deviantart.com

Di sisi lain, Captain America adalah  seniman WPA, tentara, petugas polisi, ilustrator lepas, dan special S.H.I.E.L.D operative.

  • Peningkatan Kekuatan

photo source : techbeepress.com

Kemampuan T’Challa secara indra dan fisik meningkat menjadi amat super oleh heart-shaped herb atau ramuan berbentuk hati.

photo source : i.ytimg.com

Di sisi lain, Steve Rogers disebut-sebut memiliki kesempurnaan fisik seorang manusia. Selain mengalami peningkatan fenomenal pada kemampuan fisik, serum Super-Soldier juga memberi pengaruh pada performa mental Steve Rogers sehingga dia memiliki kecerdasan tinggi.

  • Kemampuan Bertarung

photo source : overmental.com

T’Challa memiliki kemampuan strategi luar biasa. Dia juga ilmuwan, pelacak, dan “master” dari semua bentuk pertempuran tanpa menggunakan senjata dengan gaya bertarung yang unik, gabungan antara akrobatik dan mimikri hewan. Raja Wakanda ini ahli dalam merencanakan atau menyusun langkah. Black Panther akan nekat melakukan tindakan ekstrem demi mencapai tujuannya dan melindungi kerajaan Wakanda.

Tidak kalah menakjubkan, Captain America ternyata menguasai seni bela diri tinju, judo, dan keterampilan bela diri lainnya. Captain America mengikuti latihan ketat sehari-harinya, termasuk aerobik, angkat beban, gimnastik, dan simulasi pertarungan, untuk menjaga kondisi tubuhnya yang luar biasa prima.

  • Atribut

photo source : showbiz411.com

Kostum vibranium Black Panther mampu menyerap energi. Ketika dia mendapatkan serangan dari musuh, kostum itu akan menyerap energi dan mengubahnya menjadi energi kinetik untuk menghancurkan lawan. Kostum Black Panther juga dapat “memulihkan”’ diri sendiri, jika menderita serangan parah yang membuat kostumnya terbuka, nantinya akan menutup kembali seperti semula.

Cakar yang keluar dari sarung tangan Black Panther dapat melarutkan logam lain yang bersentuhan dengannya. Kimoyo Card yang dia miliki memungkinkannya berkomunikasi secara global, mengambil sinyal satelit, dan memblokir sebagian besar transmisi radio.

Sepatu Black Panther tentunya juga berlapis vibranium yang bisa bergetar dalam berbagai frekuensi sehingga dia bisa berlari di sisi-sisi bangunan dan mendarat dengan mulus tanpa suara dan cedera sedikit pun. Sepatu itu juga memungkinkan Black Panther untuk berjalan di atas air dan bahkan mengiris logam.

Di luar semua yang dia kenakan, Black Panther memiliki akses ke banyak senjata dan kendaraan istimewa Wakanda. Raja T’Challa dapat mengakses teknologi seluas mungkin dan tidak terbatas.

photo source : denofgeek.com

Satu-satunya senjata Captain America adalah perisai logamnya yang terbuat dari vibranium dan adamantium, dengan berat dua belas kilogram. Kandungan logam adamantium dalam perisai Captain America diciptakan Dr. Myron MacLain. Dr. Myron MacLain dikontrak Amerika Serikat untuk membuat zat tidak dapat ditembus untuk digunakan sebagai tank selama Perang Dunia II.

Perisai Captain America memiliki kemampuan aerodinamis yang hebat. Ketahanannya yang luar biasa memungkinkannya untuk memantul dari benda-benda yang membenturnya. Perisai Captain America hampir tidak bisa dihancurkan, tidak dapat ditembus, tahan dalam temperatur ekstrem dan seluruh radiasi spektrum elektromagnetik. Satu-satunya cara untuk menghancurkannya adalah dengan merusak ikatan molekul perisai tersebut.

Nah, itu beberapa perbandingan keunggulan antara Black Panther dan Captain America. Jadi, apakah Inspirator #TeamBlackPanther atau #TeamCaptainAmerica ?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here