Pameran The Sky is Portable: Semangat dan Integritas Seniman Muda

Pameran The Sky is Portable: Semangat dan Integritas Seniman Muda

Pengaruh migrasi pada identitas individu akan menjadi basis dari karya Aliansyah Caniago dalam pameran solonya di Jakarta. Aliansyah sendiri merupakan seniman muda yang bekerja lintas media performance art, instalasi, dan seni lukis.

Aliansyah telah memenangkan beberapa kompetisi seperti Bandung Contemporary Art Award dan Indonesian Art Award. Karyanya mulai dikoleksi dan dipamerkan di berbagai institusi seni mancanegara, seperti Singapore Art Museum (Singapura), Fundación Botín (Spanyol), dan Galeri Nasional (Indonesia).

Memilih beberapa wilayah di Jakarta, antara lain Pondok Indah, Bukit Duri, dan Kemayoran, Aliansyah mengambil satu periode waktu untuk menghuni kawasan tersebut dan membuat survey lapangan.

Melibatkan burung merpati yang memobilisasi proses observasinya karya ini akan menjadi fiksi dan eksperimentasi seorang seniman mengenai pengaruh mobilitas pada identitas yang diciptakan dalam periode waktu 10 hari. Riset ini akan diakhiri dengan performance art dan pameran senirupa di ruang pamer Space: Gallery + Workshop yang dikelola oleh ARCOLABS Jakarta.

Melalui pameran ini Arcolabs bermaksud menyampaikan semangat dan integritas dari seniman muda yang membangun jalannya sendiri melalui pilihan media dan subjek. Di tengah maraknya migrasi sebagai fenomena global, pameran ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi publik untuk menyikapi identitas dalam relasinya dengan lingkungan.

Pameran ini dikuratori oleh Sally Texania dan dibuka untuk umum mulai 8 Desember 2016 pkl 17.00 hingga 15 Januari 2017. Pameran juga disertai dengan diskusi publik yang diselenggarakan 12 Januari 2017 pkl 17.00 hingga 19.00.

Arcolabs merupakan pusat Seni dan Manajemen Komunitas ini didirikan pada tahun 2014. Arcolabs memiliki misi meningkatkan kreativitas dan inovasi melalui berbagai program berbasis praktik, di antaranya pameran seni visual, proyek pengembangan komunitas, lokakarya, riset pelajar/mahasiswa serta program akademis maupun non-akademis lainnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here