Nila Kresna, founder Senang Bicara

Suka public speaking tapi gak interest untuk jadi host atau presenter? Suka public speaking tapi kurang percaya diri? Atau suka public speaking sekaligus ingin berkomunitas? Senang Bicara jawabannya.

Komunitas Senang Bicara adalah komunitas public speaking dan wadah berkumpulnya anak-anak muda Indonesia dan orang-orang yang tertarik untuk pengembangan diri . Senang Bicara melatih  bagaimana  berbicara yang baik dan benar, terstruktur, efisien dan efektif.

“Konten dan konteks jelas, apa yang kita sampaikan bermanfaat untuk orang lain dan yang paling penting adalah ketika kita berbicara orang lain akan terinspirasi.” Ujar Nila Kresna, Founder  Senang Bicara.

Mendalami public speaking sejak tahun  2008 dan mengikuti kursus, Nila menyadari bahwa public speaking tidak hanya milik seorang host dan presenter tv-radio saja. Menurutnya, public speaking milik siapapun yang membutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, sekolah, kantor dan kehidupan sosial.

“Kadang kita banyak bicara tetapi tidak tahu makna bicara kita apa. Misalnya seorang  bos, anak buahnya di kantor patuh ketika dia bicara. Tetapi ketika dirumah, anaknya tidak mau mendengarkan. Saya berpikir, alangkah idealnya jika suatu saat ada wadah berkumpulnya orang-orang yang belajar public speaking yang mungkin tidak mampu mengikuti kursus di lembaga pendidikan khusus, atau juga waktunya terbatas, atau tidak pede mengikuti.” ujarnya. Pada tahun  2011, akhirnya Nila mendirikan komunitas senang bicara.

Kongkow bersama komunitas Senang Bicara (foto: senangbicara.com)
Kongkow bersama komunitas Senang Bicara (foto: senangbicara.com)

Mengenai nama komunitas yang berbeda dan unik, Nila beralasan, cukup banyak komunitas yang sama memiliki nama public speaking. Ia berpikir penggunanaan nama berbahasa Inggris  terlalu berat dan terkesan untuk kalangan tertentu. Ia pun memutuskan memakai nama Senang Bicara ketika mendapat ide dalam sebuah perjalanan udaranya.

“Dengan nama senang bicara saya ingin membawa public speaking ke suatu image dan kondisi kita belajar, kita bicara yang baik dan benar tanpa memikirkan kita akan menjadi presenter dan host.” ujarnya.

Nila mencontohkan, anak-anak muda sekarang idenya banyak tetapi mereka bingung untuk menyampaikan, kadang-kadang takut untuk menyampaikan dan ada juga yang bisa tetapi masih berantakan. Maka, dengan belajar public speaking mereka akan lebih percaya diri untuk menyampaikan gagasannya.

Nila berharap adanya komunitas ini bisa menjadi wadah yang berperan untuk memajukan anak-anak Indonesia, bagaimana mereka bersikap, bertutur kata, yang sopan dan santun serta menginspirasi untuk lingkungannya dan indonesia. Nah, untuk Inspirator yang tertarik untuk belajar public speaking, bisa langsung cek www.senangbicara.com

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY