Nggak Usah Bingung! Ini 6 Peluang Usaha Sampingan Untuk Anak Kos

Sumber: kaskus.co.id

Bagi anak kos yang tinggal jauh dari orangtua, tentu tidak mudah untuk mengelola uang bulanan yang diberikan. Kadang-kadang, uang saku bulanan habis sebelum waktunya. Jadi, harus putar otak untuk mendapatkan uang tambahan, deh.

Inspirator pernah mengalaminya?

Untuk menyiasatinya, sebagai anak kos yang mencoba hidup mandiri, kamu perlu mencari peluang usaha sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Tenang saja, peluang usaha di bawah ini cocok kok, dijalani anak kos karena modalnya minim.

1. Berjualan makanan

Sumber: economy.okezone.com

Kamu bisa bikin paket nasi uduk atau rames dengan harga terjangkau ke teman-teman kos-an. Nasi dan lauknya bisa kamu pesan di warteg langganan.

2. Pulsa dan paket data yang sudah jadi kebutuhan pokok

Sumber: todaycontext.com

Selain jualan pulsa, kamu juga bisa jualan paket data atau kuota Internet. Untuk paket kuota yang dijual, kamu bisa dapat untung mulai 3.000-10.000 rupiah lho, per transaksi.

3. Jadi freelancer

Sumber: tranyar.co.id

Kamu punya keahlian mendesain atau menulis? Yuk, manfaatkan keahlianmu supaya menjadi sesuatu yang menghasilkan. Kamu bisa menawarkan jasamu atau mencari peluang freelance di Internet.

4. Menjual buku kuliah

Sumber: life.idntimes.com

Kamu yang hobi baca pasti tahu buku apa saja yang bagus dan menarik. Ketertarikanmu ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan buku bacaan atau pun buku kuliah. Kalau ada teman yang butuh buku referensi kuliah misalnya, kamu bisa bantu mencarikannya ke toko buku atau kios buku bekas dan ambil keuntungannya. Ada lho, anak kos yang omsetnya jutaan hanya dari berjualan buku. Contohnya Amin Sahri.

5. Bikin Event Organizer

Sumber: bitebrands.co

Kamu yang pintar membuat konsep acara, memanajemen waktu, keuangan, dan konflik bisa mencoba peluang usaha satu ini. Kamu bisa membentuk tim bersama teman-teman. Mulailah dari event kecil seperti acara di kampus atau sekolah. Selain melatih kamu untuk belajar bertanggung jawab, kalau EO-mu sukses, orang-orang tidak akan ragu untuk memakai jasamu lagi.

6. Jadi pengajar part time

Sumber: teachermagazine.com.au

Coba perhatikan lingkungan tempat tinggalmu. Adakah tempat bimbingan belajar atau kursus? Kalau ya, cobalah melamar menjadi pengajar part time. Kamu juga bisa bergabung di komunitas mengajar online yang ada di Internet. Kalau jaringanmu luas, bukan tidak mungkin kamu bisa dipanggil untuk mengajar di suatu tempat dengan upah tertentu.

Peluang usaha sampingan ini banyak diburu anak kos karena mudah dan modalnya minim. Yang paling penting, kamu harus disiplin dan bersemangat dalam menjalankannya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here