Nggak Melulu Pria, 5 Sutradara Wanita Indonesia Ini Prestasinya Mampu Menginspirasi Dunia Perfilman

Photo: Instagram @kamilandini

Pembuatan sebuah film tidak akan terlepas dari arahan sang sutradara yang mampu mengemas cerita menjadi lebih menarik. Kalau biasanya yang kamu tahu kursi sutradara selalu didominasi pria, kamu wajib tahu ada sutradara wanita hebat Indonesia yang juga melibatkan diri dalam proses produksi. Nggak main-main, mereka justru bisa berprestasi melalui karya-karya yang diciptakan.

Siapa saja ya, sutradara wanita Indonesia yang berhasil meraih prestasi di dunia perfilman? Ini mereka!

1. Mouly Surya

Photo: Instagram @moulysurya

Mouly menjadi sutradara perempuan pertama Indonesia yang meraih Piala Citra FFI 2008 melalui karya pertamanya yang berjudul Fiksi (2008). Selain itu, berbagai karya filmnya berhasil meraih penghargaan–baik lokal maupun internasional. Misalnya, film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang meraih penghargaan di Tokyo Filmex International Film Festival pada 2017. Kamu sudah nonton? Kalau diperhatikan, semua film Mouly Surya selalu bercerita tentang kekuatan tokoh perempuan. Hebat!

2. Djenar Maesa Ayu

Photo: Instagram @djenarmaesaayu

Selain dikenal sebagai sutradara, Djenar juga penulis. Ada pun film karya Djenar antara lain Mereka Bilang Saya Monyet, Nay, dan Hush. Lewat debut film pertamanya ini, Djenar masuk nominasi sutradara terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2008. Selain itu, film Mereka Bilang Saya Monyet dinobatkan sebagai film terbaik tahun itu.

3. Nia Dinata

Photo: Instagram @ibunia

Pernah nonton film Arisan! dan Arisan! 2? Nah, wanita energik ini yang menyutradainya. Film besutan Nia antara lain Cau Bau Kan, Arisan!, dan Berbagi Suami. Salah satu filmnya–Berbagi Suami–meraih Golden Orchid Award sebagai Film Bahasa Asing Terbaik di Hawaii Film Festival 2007. Hebat, ya!

Ciri khas yang melekat pada Nia yaitu selalu menampilkan potret perempuan dan kelompok minoritas. Dia tidak segan mengangkat kisah-kisah yang dianggap sensitif oleh masyarakat Indonesia. Melalui akun Instagram @ibunia, wanita satu ini juga sering membagikan aktivitasnya di dunia perfilman.

4. Upi Avianto

Photo: Instagram @upirock

Wanita satu ini paling sering menjadikan tokoh laki-laki sebagai pemeran utama, seperti di film Realita, Cinta dan Rock’nRoll, Belenggu, My Stupid Boss, dan yang terbaru berjudul My Generation. Yang membanggakan, film My Stupid Boss sukses ditonton lebih dari tiga juta orang. Hal ini tentu menjadi angin segar untuk dunia perfilman Tanah Air. Nah, kalau dilihat dari filmnya, Upi selalu menghasilkan genre film berbeda. Apakah ada film karya Upi Avianto yang pernah kamu tonton?

5. Kamila Andini

Photo: Instagram @kamilandini

Nama Kamila mungkin masih terdengar baru di industri perfilman. Tetapi, wanita berparas manis ini sudah memproduksi berbagai film pendek yang sering menarasikan tentang perempuan. Film-film besutan wanita ini antara lain Mirror Never Lies, Sendiri Diana Sendiri, Memoria, dan yang paling baru Sekala Niskala. Sama dengan Mouly, Kamila juga meraih penghargaan pada Tokyo Filmex International Film Festival 2017 dengan film berjudul The Seen and Unseen. Salut!

Ternyata banyak kan, sutradara wanita yang mampu mencetak prestasi dengan karya-karyanya? Nah, kamu juga bisa mengikuti jejak semua wanita hebat ini lho, Inspirator. Asalkan kamu tetap konsisten menyajikan karya terbaik, suatu saat prestasimu yang akan berbicara.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here