Negara Dengan Lama Waktu Puasa Ramadan Terpanjang di Dunia–Islandia Pemegang “Rekor” Tahun Ini

Karena perbedaan letak astronomisnya, negara-negara di dunia bukan hanya mengalami perbedaan waktu dan iklim, bahkan juga berdampak pada perbedaan lama waktu puasa Ramadan. Beberapa negara memiliki lama waktu puasa lebih singkat, kurang dari 12 jam, bahkan lama waktu puasa Ramadan di Antartika hanya 8 jam lebih. Tetapi, ada beberapa negara dengan lama waktu puasa Ramadan lebih dari 13 jam.

Finlandia dan Islandia

Photo credit: helsinki.fi

Pada puasa Ramadan 2016, matahari terbenam di Finlandia hanya selama 55 menit, yang berarti mereka berpuasa selama 23 jam 5 menit. Wah, sulit dibayangkan ketahanan fisik dan mental yang harus mereka miliki untuk menunaikan ibadah puasa selama 30 hari ya, Inspirator?

Tidak berbeda terlalu lama dengan Finlandia, lama waktu puasa Ramadan di Islandia pernah mencapai 22 jam–ini berarti hampir seharian penuh juga. Untuk tahun ini, ada perubahan lama waktu puasa; kali ini Islandia pemegang “rekor” terlama.

Photo credit: Pexels

Situs media Al Arabiya merilis infografik terbaru tentang lama waktu puasa Ramadan beberapa negara di dunia, dan Islandia yang terletak di ujung utara Bumi memiliki lama waktu puasa 20 jam 13 menit.

Berikut ringkasan lama waktu puasa beberapa negara di dunia yang lebih dari 12 jam:
1. Benua Eropa
– Denmark 19 jam
– Swedia, Islandia, Norwegia, dan negara-negara Nordic 20 jam
– Belanda, Belgia, Jerman 18 jam
– Spanyol 17 jam

2. Timur Tengah dan Afrika Utara
– Kuwait, Irak, Arab Saudi, Yordania 13 jam
– Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya 16 jam

3. Amerika Serikat dan Kanada 16-19 jam, tergantung daerahnya

4. Benua Asia
– Pakistan dan Bangladesh 14 jam

Meskipun ada negara-negara dengan waktu puasa sangat lama, pastinya umat Islam di sana tetap menjalankan ibadahnya dengan taat. Mereka sudah memiliki teknik tersendiri untuk mengatasi segala tantangan selama berpuasa. Kamu di Indonesia, yang menjalani puasa 12-13 jam sehari, jangan kalah semangat dari mereka ya, Inspirator. Dengan kegigihan dan iman sekokoh karang, kamu pasti sanggup bertahan hingga hari kemenangan nanti.

Ingin tahu negara-negara dengan lama waktu berpuasa lebih singkat? Cari tahu di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here