Negara Dengan Konsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia–Indonesia Nomor Berapa?

Photo: beritagar

Siapa yang tidak suka mi instan? Makanan siap saji ini punya banyak penggemar dari berbagai kalangan. Biasanya mi instan dijual dalam bentuk kemasan plastik atau cup. Cara memasak yang mudah dan rasa yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Tidak heran kalau jumlah konsumsi mi instan di dunia cukup tinggi tiap tahunnya, bahkan kabarnya melebihi jumlah konsumsi makanan cepat saji lain seperti pizza atau burger.

InspiratorFreak punya daftar negara di Asia dengan konsumsi mi instan terbanyak di dunia. Penasaran ada negara apa saja? Mari kita intip!

1. Tiongkok

Pembeli memilih-milih mi instan di supermarket di Tiongkok. AFP Photo / STR

Tiongkok menjadi negara yang paling tinggi mengonsumsi mi instan. Setiap tahunnya, Tiongkok bisa menghabiskan sekitar 40 miliar porsi mi instan. Jumlah ini tidak terlepas dari padatnya jumlah penduduk di negara tersebut.

2. Indonesia

Photo: swa.co.id

Siapa sangka kalau Indonesia menempati posisi nomor dua dengan konsumsi mi instan terbanyak di dunia? Per tahunnya, masyarakat Indonesia bisa mengonsumsi hingga 15 miliar porsi mi instan. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan produsen mi instan terbanyak di dunia. Bahkan, produk mi instan Indonesia juga sangat terkenal di luar negeri, baik di negara Asia, Amerika, hingga Eropa.

3. Jepang

Photo: Timorleste-edereludoadamo.com

Rasanya tidak heran kalau negeri matahari terbit ini menempati urutan ketiga negara dengan konsumsi mi instan terbanyak. Pasalnya, Jepang punya banyak sekali jenis mi instan, seperti ramen, udon, soba, dan sebagainya. Per tahunnya, masyarakat Jepang bisa menghabiskan sekitar 5 miliar porsi mi instan.

4. Vietnam

Photo: fmcgvietnam.com.vn

Jumlah konsumsi mi instan Vietnam dengan Jepang tidak jauh berbeda. Per tahunnya, masyarakat Vietnam bisa mengonsumsi sekitar 4,9 miliar mi instan. Wajar saja kalau mi instan memiliki banyak peminat di Vietnam, karena banyak ragam kuliner berbahan dasar mi di sana.

5. India

Photo: hidayatullah.com

India menempati urutan ke lima dengan jumlah konsumsi hingga 4,2 miliar bungkus mi instan per tahunnya. Negara yang terkenal dengan ragam kuliner kaya rempah ini ternyata juga gemar menyantap mi instan. Di India, penjual mi instan banyak ditemukan di pedagang kaki lima atau gerobak.

Sebetulnya, sah-sah saja mengonsumsi mi instan, asalkan dalam jumlah wajar dan dibarengi dengan mengonsumsi nutrisi lain seperti sayur dan buah. Nah, kalau kamu lagi pengin makan mi instan tapi bosan dengan olahan mi instan yang itu-itu saja, coba kreasi mi instan dengan budget rendah ini, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here