Keamanan Cyber
Source: omnimilitaryloans.com

Halo Inspirator! Semoga tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas ya. Kali ini Inspirator Freak mau sharing tentang berita dari salah satu negara ASEAN.  Dalam menghadapi serangan cyber yang semakin hebat dan meningkat jumlahnya, suatu negara memerlukan strategi keamanan cyber yang tepat. Kalau nggak, bisa-bisa objek vital seperti server berisi informasi vital pemerintah bisa ditembus dan dicuri data-datanya.

Source: kenstonlocal.org
Keamanan cyber, signifikan untuk suatu negara | Source: kenstonlocal.org

Kira-kira negara ASEAN mana ya yang dimaksud? Bisakah Inspirator menebak? Jawabannya adalah Singapura. Singapura adalah salah satu negara ASEAN yang telah memiliki blueprint terkait cara mengamankan negaranya dari serangan-serangan cyber. 

Dinaungi Cyber Security Agency (CSA) Singapura, tujuan utama dari strategi keamanan cyber ini adalah untuk menciptakan lingkungan cyber yang aman bagi pemerintah dan masyarakat Singapura. Di awal Oktober ini, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong mengungkapkan garis besar strategi ini kepada Security Asia, yaitu:

Membangun Infrastruktur Cyber yang Tangguh

Source: reviewsignal.com
Infrastruktur seperti data center harus reliable | Source: reviewsignal.com

Inilah yang menjadi fokus utama Singapura untuk mewujudkan keamanan cyber. Infrastruktur cyber hendak dibangun pemerintah melalui kerjasama dengan stakeholder terkait, termasuk di dalamnya dari sektor swasta serta komunitas cybersecurity atau keamanan cyber.

Menciptakan Cyberspace yang Aman

Source: galaxyis.co
Cyberspace, keamanannya jadi tanggung jawab kolektif masyarakat Singapura | Source: galaxyis.com

Cyberspace alias ruang cyber dapat mempermudah berjalannya bisnis serta berbagai aspek di masyarakat. Hal ini tentu dengan catatan bahwa cyberspace harus aman ya, Inspirator. Di sini, Singapura berupaya menciptakan tanggung jawab kolektif bersama komunitas dan asosiasi bisnis tentang perannya dalam memahami isu-isu keamanan cyber dan cara pencegahan maupun penanggulangannya.

Mengembangkan Ekosistem Cyber yang ‘Hidup’

Source: nhregister.com
Meningkatkan kualitas keamanan cyber, Singapura juga melibatkan sektor pendidikan | Source: nhregister.com

Yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana ekosistem cyber dapat terus berkelanjutan aktif menjalankan perannya masing-masing.  Dengan demikian, ekosistem cyber tersebut dapat mewujudkan dan menjaga infrastruktur yang tangguh serta cyberspace yang lebih aman.  Selain itu, mereka juga akan meningkatkan jumlah program beasiswa serta kurikulum berorientasi industri.

Memperkuat Kerjasama Internasional

Source: globalnation.inquirer.net
Kerjasama dengan negara-negara ASEAN | Source: globalnation.inquirer.net

Dalam blueprint pemerintah Singapura, dibutuhkan kerjasama dengan negara-negara lain agar cyberspace mereka semakin aman.  Ditegaskan bahwa Singapura berkomitmen untuk menjalin kolaborasi internasional yang kuat dengan negara lain, khususnya negara-negara ASEAN terkait isu kejahatan transnasional dan keamanan cyber.

Keamanan Cyber, Bukan Cuma Isu Teknologi

Source: todayonline.com
Aspek sumber daya manusia juga penting dipertimbangkan | Source: todayonline.com

Guna menciptakan cyberspace yang aman, tidak hanya dibutuhkan perihal teknologi aja, Inspirator. Dalam hal ini, Singapura berupaya mengembangkan aspek lainnya seperti sumber daya manusia. Kedepannya, mereka akan mengadakan pelatihan untuk ratusan profesional di bidang cybersecurity guna mengembangkan kapabilitasnya untuk memperkuat ekosistem cyber.

Itu dia Inspirator, info terkini soal keamanan cyber dari negara tetangga kita. Semoga Indonesia juga bisa segera memiliki kebijakan serupa, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring

Penulis: Agung Tyanto

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY