Naufal Raziq, Ilmuwan Cilik Asal Aceh Penemu Listrik dari Pohon Kedondong

naufal raziq
Foto: Detik.finance.com

Listrik memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh aktivitas yang manusia lakukan membutuhkan listrik. Mulai dari penerangan, peralatan dapur, kamar, hingga kebutuhan pribadi seperti laptop dan ponsel.

Biasanya sumber energi listrik yang kita kenal diperoleh dari panas bumi, minyak, nuklir, dan tenaga surya. Namun baru saja ditemukan sumber energi terbaru yang tak pernah terpikirkan oleh Inspirator nih! Pohon kedondong!

Energi terbarukan yang berasal dari alam ini ternyata ditemukan oleh seorang siswa kelas 3 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Langsa Lama, Kota Langsa, Nangroe Aceh Darusalam. Berkat penemuan yang fenomenal ini, nama Naufal ramai diperbincangkan.

Seperti dilansir dari Goaceh.co, penemuan tersebut berawal dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat masih duduk di kelas 1 MTs atau 2 tahun lalu. Dari pelajaran tersebut, Naufal mengetahui buah asam, seperti kentang, jeruk, dan mangga, dapat menghasilkan energi listrik sederhana.

Penemuan membuat Naufal melakukan beberapa percobaan pada berbagai macam pohon buah, mulai dari mangga, belimbing, asam jawa. Dari percobaan itulah akhirnya Naufal menemukan pohon kedondong pagar memiliki keunggulan dibanding buah lainnya.

“Masing-masing pohon itu ada keunggulannya. Kenapa kedondong pagar karena memiliki batang yang besar, mudah tumbuhnya jika kita kupaskan kulitnya dia tidak busuk malah menyembuhkan dirinya, recovery,” kata Naufal seperti dikutip dari Goaceh.co.

Naufal dan penemuannya (Foto: Kabartani.com)

Untuk mengubah asam menjadi listrik dibutuhkan tembaga dan logam. Lalu tembaga dan logam dilapisi tisu dan kain yang kemudian ditempelkan ke pohon untuk menghantarkan listrik.

Naufal menjelaskan satu lubang pada pohon kedondong pagar dapat menghasilkan tegangan listrik 1 volt. Satu pohon kedondong dapat dibuat menjadi empat lubang yang bisa menghasilkan energi 4 volt. Untuk penerangan, satu lampu membutuhkan empat pohon.

Keren yah, Inspirator! Meski masih muda, Naufal berinovasi dan semoga menginspirasi jutaan anak muda Indonesia lainnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here