Bocoran Kunci Sukses dari Nadiem Makariem. Siapa Tahu Kamu Bisa Sukses Seperti Go-Jek!

Nadiem Makarim, Pendiri Gojek
Nadiem Makarim, Pendiri Gojek

Di era modern ini, siapa yang tidak kenal Go-Jek? Aplikasi daring ini didirikan lulusan S2 Harvard Business School, Amerika Serikat bernama Nadiem Makarim. Kelahiran Jakarta, 4 April 1984, Nadiem Makarim sukses membuat Go-Jek tumbuh menjadi start-up andalan banyak orang. Atas inovasinya tersebut, Nadiem Makarim berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan Asian of the Year 2016 dari The Straits Times, media terkenal di Singapura. Dia mendapatkan penghargaan itu karena berhasil menyejahterakan jutaan orang melalui teknologi. Supaya Inspirator bisa mengikuti jejak keberhasilannya, Nadiem Makarim bocorkan kunci sukses membangun usaha yang bisa kamu terapkan.

1. Bebas berinovasi

Related image
Foto: http://www.xclusive.co.ke/

Menurut Nadiem Makarim, sebelum menentukan usaha apa yang hendak dibuat, lakukan riset untuk melihat permasalahan apa yang terjadi di lingkungan kita. Inspirator harus bersifat peka dengan apa yang terjadi di sekitarmu. Solusi dari permasalahan yang Inspirator tawarkan dan inovasi yang Inspirator ciptakan harus bisa sesuai dengan target pasarnya.

2. Fokus pada solusi, jangan mengejar profit semata

Image result for teamwork illustration
Foto: https://www.lynda.com/

Setelah melakukan riset, berarti Inspirator menemukan masalah yang dihadapi banyak orang. Untuk mengembangkan usahamu, lakukan desentralisasi dalam pengambilan keputusan. Jangan munculkan sifat terlalu diktator. Ini maksudnya supaya Inspirator mendapatkan feedback dari banyak orang yang tentunya akan bermanfaat. Semua kegiatan dan usaha yang Inspirator lakukan sebaiknya diterapkan dengan tulus, jangan mengejar profit semata. Karena sesungguhnya, uang akan selalu datang dan memecahkan masalah dengan solusi kreatif menjadi urgensinya. Contohnya pengalaman Nadiem Makarim. Pada awalnya dia mendirikan Go-Jek untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Jakarta, bukan untuk menghasilkan uang.

3. Berani gagal atau, kalau perlu, berani mati!

Related image
Foto: https://www.vecteezy.com/

Jika Inspirator ingin menjadi pebisnis, kamu harus berani memegang motto “anything to lose“. Jangan takut gagal karena dari kegagalanmu kelak kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran yang tentunya akan berguna untukmu.

Selamat mencoba tiga kunci sukses yang dibocorkan Nadiem Makarim di atas, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here