Mudah! Ini Tips Mencuci Pakaian Supaya Lebih Awet

Photo: expertreviews.co.uk

Inspirator pernah punya masalah dalam mencuci pakaian? Entah noda pakaian susah hilang, warna pakaian luntur, atau malah rusak. Meskipun aktivitas mencuci pakaian bisa dibilang mudah, tapi kalau kamu tidak tahu tips mencuci pakaian yang benar, pakaian kesayanganmu bisa rusak. Tidak mau, kan?

Nah, coba perhatikan tips mencuci pakaian berikut ini supaya pakaianmu awet dan kamu tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk mengganti kerusakannya. Apa saja ya?

1. Pisahkan cucian berdasarkan bahan kain

Photo: cleanmeup.com

Orang sering lupa hal ini karena biasanya berpikir lebih baik memisahkan pakaian berdasarkan warna. Mulai sekarang pisahkan cucian berdasarkan jenis kain. Mencuci pakaian berdasarkan bahan yang sama membuat deterjen terserap secara bersamaan. Tetapi, ingat ya, untuk pakaian putih tetap tidak boleh disatukan dengan warna lain.

2. Putihkan pakaian dengan aspirin

Photo: medicalnewstoday.com

Tambahkan beberapa butir aspirin ke mesin cuci saat kamu mencuci pakaian putih supaya pakaian putihmu tidak kusam dan menguning.

3. Menghilangkan noda make up dengan krim cukur

Photo: blog.benscrub.com

Mungkin kamu pernah kesulitan menghilangkan noda make up yang tidak sengaja menempel di pakaian. Jangan risau lagi, Inspirator. Kalau pakaianmu terkena noda lipstik atau blush on, segera oleskan krim pencukur bulu di noda tersebut. Tunggu sebentar, lalu gosok perlahan. Kalau noda make up mulai pudar, lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasa.

4. Atasi pakaian yang menyusut dengan sampo bayi

Photo: beautynesia.id

Biasanya, ada beberapa pakaian yang mudah menyusut setelah beberapa kali cuci–misalnya, sweter. Nah, untuk mengatasinya, rendam pakaian dengan air hangat yang dicampur sampo bayi selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bilas pakaian dan keringkan. Setelah itu, pakaian akan kembali ke ukuran normal. Nah, tips ini juga bisa dipakai untuk mencuci kaus kaki yang sering menyusut ukurannya. Coba, yuk!

5. Air dingin membantu mencuci kaus kaki kotor

Photo: plimbi.com

Kaus kaki sangat rentan memiliki noda membandel. Kalau kamu ingin menghilangkan noda di kaus kaki, rendam kaus kaki dengan deterjen dan air dingin. Diamkan sampai noda hilang. Jangan gunakan air hangat ya, Inspirator, karena hal itu hanya membuat noda lebih sulit hilang.

6. Rutin bersihkan mesin cuci

Photo: google.com

Inspirator selalu menggunakan mesin cuci untuk membantu mencuci pakaian? Kalau begitu, perhatikan juga kebersihan mesin cuci. Jangan sampai ada jamur dan bakteri dalam tabung mesin cuci. Cara membersihkannya mudah, kok. Larutkan cairan penyegar mulut dengan setengah gelas air, lalu masukkan ke tempat deterjen seperti biasa ketika mencuci. Lalu, ooerasikan mesin cuci seperti biasa tanpa ada pakaian di dalamnya.

7. Tidak menjemur pakaian terlalu lama

Photo: shutterstock

Tips terakhir ini penting untuk diperhatikan ya, Inspirator. Kamu mungkin sering lupa untuk mengangkat jemuranmu. Terlalu lama menjemur pakaian di bawah sinar matahari yang sangat terik membuat warna pakaian cepat pudar dan juga kusut. Kalau terlalu kusut, kamu kesulitan untuk menyetrikanya.

Itulah tujub tips mencuci pakaian yang bisa kamu terapkan, Inspirator. Meskipun mencuci pakaian sudah sering kamu lakukan dan dianggap mudah, jangan sampai lupa tujuh tips ini ya, supaya pakaianmu awet. Dengan begitu, kamu jadi bisa menghemat pengeluaran juga, kan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here