Es Krim Mochi, Si Kenyal Khas Sukabumi yang Cocok Untuk Buka Puasa. Coba, Yuk!

Photo: eastmeetskitchen.com

Inspirator pasti sudah tidak asing dengan Mochi. Cemilan yang saat ini banyak kamu temui di Jawa Barat–Sukabumi, Bandung, dan sebagainya–itu sebenarnya berasal dari Jepang lho, Inspirator.

Kue Mochi pertama kali masuk ke daerah Sukabumi saat Jepang menjajah Indonesia. Awalnya, bentuk dan cara pembuatan kue ini persis seperti bakpau dengan isian kacang hijau. Seiring berjalannya waktu, kue Mochi dimodifikasi sehingga ukurannya dibuat lebih kecil dan isiannya diganti kacang tanah. Pembuatannya pun direbus, bukan dikukus. Konon katanya, yang memodifikasi kue ini bernama Pak Kuswandi, warga Sukabumi yang akhirnya menciptakan makanan khas Sukabumi dan sangat terkenal hingga saat ini.

Kue khas Sukabumi ini sudah bisa ditemukan di berbagai daerah dan punya banyak rasa lho, seperti pandan, stroberi, dan vanilla. Isian Mochi pun semakin beragam, mulai dari keju, kacang tanah, cokelat, wijen, dan es krim.

Haa, es krim? Apa jadinya ya, kalau kue Mochi yang lembut berpelukan dengan es krim yang dingin? Pastinya enak, Inspirator!

Kalau kamu penasaran dengan rasanya tapi belum sempat untuk membelinya, hayuk kita bikin sendiri. Kue Mochi es krim ini juga cocok untuk cemilan berbuka puasa. Mari kita mulai!

Photo: cookpad.com

Bahan yang diperlukan:

Air matang, tepung ketan, gula, pasta makanan (jika ingin memberikan warna dan rasa pada kulit Mochi), tepung maizena, es krim.

Cara pembuatan:

Pertama, masukkan air, tepung ketan, dan gula ke panci antilengket, lalu aduk. Kemudian, tambahkan pasta secukupnya, aduk kembali sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Kedua, panaskan bahan dengan api sedang sambil terus diaduk. Saat adonan sudah menggumpal dan kenyal, angkat adonan.

Ketiga, siapkan alas atau tray yang sudah ditaburi tepung maizena. Setelah menyusun Mochi, taburkan lagi tepung maizena ke permukaan kue supaya tidak lengket.

Keempat, pipihkan Mochi (jika ada gunakan rolling pin). Kalau adonan sudah dipipihkan, potong menjadi beberapa bagian kecil. Pastikan kulit Mochi lebih lebar daripada isiannya.

Kelima, gunakan plastic wrap untuk membentuk adonan Mochi. Taruh adonan di plastic wrap, lalu scoop es krim (boleh es krim siap saji) ke dalam adonan. Selimuti es krim dengan adonan Mochi sampai tidak ada bagian yang terbuka. Tutupi dengan plastic wrap, begitu seterusnya untuk adonan berikutnya.

Kelima, bekukan Mochi di kulkas selama kurang lebih setengah jam.

Mochi es krim siap disajikan.

Mudah bukan, Inspirator? Kue Mochi es krim ini dijamin nikmat dan cocok dengan lidahmu. Kamu bisa memakannya dengan bahagia, nggak seperti es krim dengan aroma tidak lazim di dunia ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here