Minum Susu Bisa Bikin Tubuh Gemuk—Mitos atau Fakta?

Photo: google.com

Dalam seminggu, seberapa sering kamu mengonsumsi susu? Untuk kamu yang sering minum susu hampir setiap hari, mungkin sudah tidak asing dengan mitos yang menyebutkan bahwa minum susu bisa bikin tubuh gemuk.

Inspirator percaya dengan mitos ini? Mari simak penjelasan berikut supaya kamu mendapatkan jawaban yang tepat.

Bukan penyumbang utama lemak tubuh

Tubuh menjadi gemuk karena adanya asupan kalori dan lemak berlebihan yang menumpuk. Perlu kamu ketahui, susu sebenarnya bukanlah penyumbang utama lemak yang ada di dalam tubuh. Seringkali beberapa orang menghindari mengonsumsi susu karena khawatir kegemukan. Padahal, banyak penelitian yang sudah membuktikan, bahwa minum susu dua hingga tiga gelas setiap hari, dapat meminimalisir resiko diabetes, lho.

Photo: google.com

Tapi, kamu juga harus perhatikan jenis susu yang kamu konsumsi. Susu yang dijual di pasaran biasanya ada yang berjenis susu UHT, susu kental manis, susu bubuk, susu full cream, dan sebagainya. Meski sama-sama disebut susu, tidak semua susu baik dikonsumsi setiap hari, lho.

Jadi, jenis susu mana yang paling bagus untuk dikonsumsi?

Jenis susu yang paling bagus untuk dikonsumsi harian adalah susu UHT dan susu pasteurisasi, dikarenakan kandungan gulanya lebih rendah dibanding jenis susu lain. Kalau kamu sering mengonsumsi susu kental manis, mulai sekarang kurangi ya jika tidak ingin berat badanmu bertambah. Sebab, susu kental manis memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam susu kental manis, susu bubuk dan full cream itu sudah tidak lengkap karena sudah masuk pengolahan dan dicampur dengan bahan lain.

Kalori dalam susu UHT

Photo: google.com

Susu UHT dan susu pasteurisasi disebut lebih aman dikonsumsi karena hanya mengandung sekitar 60 kalori tiap 100 gramnya. Kandungan ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan kalori yang ada pada susu bubuk atau full cream yang mengandung sekitar 178 kalori.

Susu bikin gemuk hanya mitos

Mengonsumsi susu UHT dan susu pasteurisasi tidak akan menjadi pemicu kegemukan kok, Inspirator. Yang terpenting, perhatikan juga takaran susu yang kamu konsumsi, karena minum susu berlebihan pun tidak baik untuk tubuh.

Meskipun kamu sudah mengonsumsi susu setiap hari, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayur, daging, dan buah supaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi.

‘Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here