Minum Air Putih 8 Gelas Sehari—Mitos atau Fakta?

Photo credit: www.asianscientist.com

Inspirator, berapa banyak kamu minum air putih dalam sehari? Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air dan butuh air dalam jumlah yang cukup untuk bisa menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Selama waktu yang begitu panjang kita “dijejali” dengan informasi bahwa orang dewasa harus minum banyak air putih dalam sehari—dari iklan layanan masyarakat, orang-orang di sekitar kita, dan media massa mengulanginya dengan gencar.

MITOS: Orang dewasa wajib minum air putih 8 gelas sehari.

FAKTANYA: Ini bukan aturan baku, apalagi kewajiban.

Satu tim ilmuwan yang dipimpin Pascal Saker, pakar ilmu saraf dan kesehatan dari University of Melbourne, Australia, menyatakan minum air putih secara berlebihan atau tidak sesuai kebutuhan tubuh malah membuat air susah ditelan dan pada akhirnya tubuh kita bekerja ekstra untuk menyerap air itu. (Sumber: asianscientist.com)

Anggota tim lain, Michael Farrell dari Monash University, mengatakan tubuh setiap orang memiliki mekanisme berbeda, jadi ada orang dewasa yang butuh minum air putih 8 gelas sehari dan ada yang lebih sedikit.

Terlalu banyak minum pun menimbulkan masalah, imbuh Farrel. Seseorang bisa keracunan atau mengalami hiponatremia (tubuh kekurangan natrium, yang fungsi utamanya adalah mengendalikan tekanan darah dan fungsi saraf, serta memperlancar kinerja otot).

Lalu, bagaimana sebaiknya?

Photo credit: Google Internet

Sama seperti makanan dan minuman lain, minumlah air putih sesuai kebutuhan. Caranya, dengarkan tubuh kita. Jika kamu merasa haus, itu berarti tubuhmu kekurangan air, dan itu isyarat bagimu untuk minum. Mendengarkan tubuh kita susah susah gampang, tapi jika sering dilakukan, pasti Inspirator semakin terbiasa.

Misalnya, pada musim kemarau kita cenderung lebih mudah berkeringat; artinya air tubuh keluar lebih banyak. Pada kondisi cuaca seperti ini mungkin saja kamu butuh minum air putih lebih dari delapan gelas sehari. Begitu juga ketika kita berolahraga.

Tetapi, pada hari-hari dengan suhu relatif normal atau sejuk dan aktivitasmu tidak membuatmu mengeluarkan keringat secara berlebihan, tidak perlu memaksakan diri menenggak air putih hingga delapan gelas sehari.

Dan harap diingat, selain dari air putih, asupan air yang dibutuhkan tubuhmu bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air, serta kuah makanan.

Semoga artikel tentang “mitos atau fakta” ini memperkaya pengetahuanmu ya, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here