Milenial Harus Coba! Ini 7 Pekerjaan Pas untuk Freelancer

Sumber: flexjobs.com

Berkarier sebagai freelancer menjadi pilihan tepat untuk kamu yang tidak ingin terikat birokrasi kantor. Kalau kamu tipikal orang yang malas berurusan dengan birokrasi kantor, ritme kerja teratur, dan tuntutan untuk berpakaian rapi, pasti kamu lebih nyaman “ngantor di rumah”. Saat ini, berkarier sebagai freelancer semakin dilirik generasi milenial. Kapan lagi bisa menekuni pekerjaan sesuai passion dan jadi bos untuk diri sendiri?

Nah, untuk kamu yang ingin berkarier sebagai freelancer, coba simak tujuh pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Data Entry

Sumber: aarambheservices.com

Seorang data entry bertugas memasukkan data-data ke komputer menggunakan program software. Biasanya data yang disajikan merupakan data-data akunting. Bayarannya tergantung dari banyaknya data yang di-input dan tingkat kesulitannya.

2. Internet Marketing

Sumber: noordev.ca

Banyak perusahaan ingin memasarkan jasa atau produknya secara online karena dinilai lebih efektif. Nah, ini peluan bagi kamu yang mengerti e-mail marketing, pay per click (PPC), adsens, Search Engine Marketing, dan Search Engine Optimation (SEO) Management untuk unjuk kemampuan.

3. Web Design

Sumber: noordev.ca

Modal yang harus kamu miliki tentunya menguasai HTML, Javascript, dan CSS. Kamu juga harus familier dengan aplikasi grafis seperti Photoshop dan Corel Draw. Zaman sekarang bukan hanya perusahaan yang membutuhkan website, perorangan pun mulai banyak yang mencari jasa ini. Peluang menggiurkan, nih!

4. Graphic Desainer

Sumber: simplybusiness.co.uk

Membuat desain yang bagus tidak mudah, lho. Maka dari itu, desainer grafis perlu memiliki ketelitian, kreativitas, dan sense of art yang baik.

5. Content Writer

Sumber: geeknoob.com

Banyak perusahaan atau organisasi yang ingin mempromosikan usahanya melalui konten tulisan. Ini kesempatan emas untuk kamu yang senang menulis! Kamu harus siap mengemas tulisan dengan berbagai konten.

6. Editor

Sumber: internationalbookpromotion.com

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang senang membaca, teliti, dan mengerti tren. Banyak penerbit memercayakan naskahnya untuk disunting editor lepas. Tinggal buktikan saja kalau kamu punya kemampuan “mengolah” tulisan menjadi lebih layak baca.

7. Software Development

Sumber: sociable.co

Pekerjaan di bidang IT ini cukup populer. Keahlian apa saja yang perlu kamu kuasai? Bahasa pemrograman, meneliti, merancang, dan mengembangkan sistem software yang diinginkan klien. Setelah rancangan sistemnya jadi, perlu diuji kembali untuk memastikan kesiapannya.

Tidak perlu memamerkan ijazah atau nilai untuk menjadi freelancer, cukup tunjukkan keahlianmu lewat media sosial. Asalkan ada laptop dan koneksi internet lancar, pekerjaan freelance ini bisa kamu lakukan di rumah. Tidak kalah penting, pastikan job yang kamu ambil sesuai keahlianmu. Dijamin, kamu pasti lebih happy mengerjakannya.

Meskipun bekerja dari rumah dan minim berinteraksi dengan orang dalam kapasitas profesional, selain hard skills ini, ada keahlian lain yang tidak kalah penting untuk dikuasai generasi milenial. Apa saja keahlian itu? Buruan cek lima soft skills yang wajib dimiliki generasi milenial di sini.

Selamat berkreasi dari rumah, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here