Merayakan Keberagaman Indonesia Di Hari Film Nasional 2017

hari film nasional
FILARTC 2017

Selamat Hari Film Nasional, para sineas tanah air!

Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2017 dirayakan sebagai bentuk penghormatan kepada bapak perfilman Indonesia, Usmar Ismail, sekaligus momentum kebangkitan perfilman tanah air.

Sebagai bentuk perayaan dan dukungan terhadap industri perfilman Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Perum Perusahaan Film Negara, dan berbagai komunitas menggelar serangkaian acara. Salah satunya adalah Film and Art Celebration (FILARTC).

FILARTC 2017 kembali hadir di perayaan Hari Film Nasional tahun ini pada 30-31 Maret dan 1 April di Studio Perum Produksi Film Negara (PFN), Jalan Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Berbagai kegiatan perfilman dihadirkan seperti Forum Film, Pemutaran Film, Seni Pertunjukkan (tari, wayang, boneka unyil, musik), pameran (fotografi, sejarah, kostum), bazaar film (food and beverages, promosi film), booth asosiasi perfilman dan make up special effect.

Mengangkat tema “Merayakan Keberagaman Indonesia”, FILARTC ingin menunjukkan bahwa insan perfilman mengakui keberagaman antar bangsa sudah berlangsung sejak lama. Bentuk keberagaman ini akan ditampilkan melalui beberapa karya film dan atraksi selama 3 hari perhelatan FILARTC 2017.

“Keberagaman bukan semata bicara soal SARA, tetapi juga pemikiran dan sikap yang saat ini tenggelam atas nama pemaksaan kepentingan kelompok,” ujar Adrianto Sinaga selaku Ketua Pelaksana FILARTC, seperti dikutip dari Bintang.com.

Sementara itu, Ketua Badan Perfilman Indonesia Chand Parwez mengungkapkan bahwa Hari Film Nasional merupakan peringatan yang cukup bersejarah dan cukup strategis untuk membangkitkan kembali film-film Indonesia.

“Membawa keragaman itu adalah sesuatu yang menarik. Keberagaman bukan cuma agama, suku, dan sebagainya. Tapi yang menarik adalah tumbuhnya film-film lokal,” ujarnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here