Hari Pendidikan Nasional dirayakan pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Sesuai dengan judulnya, tentu saja hari pendidikan nasional ini dirayakan oleh seluruh insan terdidik yaitu pelajar dan juga civitas akademika di Indonesia. Nah, untuk mahasiswa di Indonesia, ada tiga hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk memperingati hardiknas loh.

  1. Mengejar ilmu, bukan hanya sekedar nilai

mencari ilmu
Mahasiswa belajar dengan tujuan untuk mencari ilmu
Nilai atau IPK adalah hal pertama kali yang muncul ketika mendengar kata pendidikan. Tidak jarang kita melihat pelajar dan mahasiswa yang mengukur kemampuannya berdasarkan nilai semata. Nilai saja tidak cukup, menerapkan ilmu yang dipelajari untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari juga merupakan hal penting mengingat pendidikan sendiri nantinya memiliki peran untuk memberikan solusi dari suatu masalah.

  1. Mencari kebenaran dari suatu informasi

penelitian dan pengembangan
Penelitian merupakan salah satu langkah untuk mencari kebenaran dari suatu informasi
Memasuki era digital, semakin banyak informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Meskipun demikian, tidak semua informasi tersebut sesuai dengan kenyataan yang dirasakan oleh masyarakat loh. Seringkali kita dengar dengan sebutan informasi hoax. Sebagai mahasiswa terpelajar, tentu saja kita harus dapat membedakan antara informasi yang benar dengan yang tidak. Jangan sampai kita malah ikutan menyebarkan informasi hoax tersebut.

  1. Mengabdikan ilmu yang dimiliki

mengabdikan ilmu
Mahasiswa mengajarkan anak-anak menggambar
Setelah menimba ilmu di bangku kuliah, sayang banget kan kalau ilmunya hanya disimpan untuk sendiri? Ada pepatah yang mengatakan “tidak seperti harta, ilmu tidak akan habis meskipun dibagi.” Karena itulah kita sebagai mahasiswa, harus mampu mengabdikan ilmu yang kita miliki untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Banyak hal kok yang dapat kamu berikan dari ilmu di bangku kuliah. Contohnya seperti berupa pikiran, karya, maupun tenaga. Nah, itulah tiga hal yang dapat diamalkan oleh mahasiswa Indonesia untuk merayakan hardiknas. Ketiga hal tersebut sangat identik dengan identitas mahasiswa sendiri, yaitu Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga saja dengan mengamalkan tiga hal tersebut, kita sebagai mahasiswa Indonesia dapat turut memberikan kontribusi terbaik kita untuk pendidikan di Indonesia. Selamat hari Pendidikan Nasional! Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

SHARE
Previous articlePEKAN RAYA AKK 2016 ”Let’s Fight for Better Future”
Next articleMemaknai Hari Kebebasan Pers Dunia

LEAVE A REPLY