Menulis? Gampang! Cek 6 Kiat Menulis untuk Anak Muda

Sumber: qerja.com

Menulis? Gampang!

Sebagian orang tentu setuju dengan pernyataan di atas. Tidak perlu berbicara soal bakat, genetika, atau keturunan untuk bisa menulis. Asalkan terus berlatih, menulis akan menjadi hal yang mudah.

Tetapi, sayangnya, sebagian lagi berpendapat bahwa menulis merupakan hal yang sulit. Entah karena bingung harus menulis apa, mulai dari mana, dan bagaimana cara membuat tulisan yang baik.

Sekarang kamu tidak perlu bingung. Berikut ini ada enam kiat menulis yang bisa diterapkan oleh anak muda!

1. Tentukan genre tulisan

Sumber: writeabout.com

Kamu tertarik dengan kisah misteri? Atau lebih suka yang lucu? Ketertarikanmu ini menjadi modal utamamu untuk menulis. Sebelum menulis, tentukan dulu genre yang ingin kamu ambil supaya tulisanmu lebih fokus.

2. Pilih ide yang bisa dikembangkan

Sumber: fitsmallbusiness.com

Tring! Wah, ada ide datang. Tetapi, tunggu dulu! Ketika ide datang, kamu perlu menuliskan dulu garis besar ide tersebut. Lalu, teliti kembali, apakah ide itu sudah memiliki muatan masalah atau konflik, apakah sesuai dengan genre yang dipilih, dan apakah ide tersebut bisa menggambarkan isi tulisan? Kalau kamu bisa menjawab tiga pertanyaan itu, idemu siap dijadikan tulisan!

3. Perhatikan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

Sumber: bradfordwaughdesign.com

Rajin-rajinlah membuka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) supaya pengetahuanmu tentang kosakata semakin bertambah. Banyak penulis pemula menyepelekan aktivitas ini. Padahal, ini penting karena dapat memperlancar diksi dan ejaan yang digunakan. Hindari kata-kata yang disingkat. Kamu sedang membuat tulisan, bukan SMS.

4. Tetapkan deadline

Sumber: qerja.com

Ketika sudah tahu apa yang ingin kamu tulis, segera tetapkan deadline, gunanya supaya tulisanmu tidak molor dan selesai tepat waktu. Kalau tidak menetapkan tenggat, tulisanmu bisa terbengkalai tanpa eksekusi.

5. Mulai menulis

Sumber: artikelpremium.com

Pastinya kamu sekarang tidak sabar untuk segera menulis ya, Inspirator? Nah, ini saatnya salurkan idemu melalui kata-kata. Raciklah bahan-bahan yang sudah kamu siapkan. Tidak perlu terlalu pusing dengan hasil. Yang terpenting, tuangkan dulu semua yang ada di pikiranmu. Jangan terlalu banyak revisi di awal. Just do it.

6. Beri reward untuk diri sendiri

Sumber: featurepics.com

Penghargaan ini bisa kamu buat untuk dirimu sendiri. Misalnya, setiap kali menyelesaikan dua tulisan, kamu memberi hadiah kue cokelat yang lezat pada diri sendiri! Wah, penghargaan kecil-kecilan seperti ini dapat memotivasi kamu untuk menulis lagi dan segera menyelesaikannya. Kamu bisa mulai dengan mencoba membuat tulisan untuk berbagai tema konten yang sesuai dengan misi dan visi InspiratorFreak, yang bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya orang.

Selamat menulis, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here