Menikmati Lezatnya Rabeg, Makanan Favorit Sultan Maulana Hasanudin Banten

makanan
Rabeg makanan khas Kota Serang Banten (Sumber: bantenin.com)

Banten memiliki banyak makanan khas tradisional yang terkenal. Salah satu hidangan khas Kota Serang Banten yang wajib Inspirator coba adalah rabeg.

Rabeg menjadi tema utama pada event tahunan Serang Art and Culinary Festival 2017 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kota Serang. Acara ini dibuka oleh Haerul Jaman, Walikota Serang, yang menyambut baik dan mengapresiasi.

Salah satu dari rangkaian event Serang Art and Culinary Festival 2017 adalah demo masak rabeg bersama Chef Ranu. Rabeg yang menjadi makanan favorit Sultan Mulana Hasanudin Banten, memiliki tampilan yang mirip dengan semur daging. Meskipun begitu, rabeg dan semur daging tetap memiliki perbedaannya.

Chef Ranu sendiri mengklaim bahwa rabeg itu rasanya lebih enak daripada semur. “Karena asamnya dapat, pedasnya ada, dan manisnya juga dapat. Jadi, untuk yang memiliki kolesterol jangan takut untuk mengonsumsi rabeg karena ada asamnya,” ujar Chef Ranu yang pernah memecahkan rekor MURI masak tercepat.

Chef Ranu memasak rabeg ditemani oleh Walikota Serang Haerul Jaman dan Ketua PKK Kota Serang Vera Nurlaila Jaman (Foto: Inspirator Freak)

Rabeg yang dibuat oleh Chef Ranu dibuat encer. Namun, untuk Inspirator yang ingin berbisnis rabeg disarankan membuat rabeg yang agak kental agar lebih awet. Untuk membuat rabeg yang agak kental, Inspirator dapat menggunakan kemiri, bisa juga menggantinya dengan kacang mede sebagai inovasi.

 

Makan bersama (bacakan) dengan menu rabeg khas Kota Serang Banten (Foto: Inspirator Freak)

Setelah demo masak rabeg yang dipandu oleh Chef Ranu, kemudian diadakan makan bersama (bacakan) dengan menu rabeg khas Kota Serang Banten. Rangkaian kegiatan lainnya seperti Lomba Masak Nasi Goreng Rabeg, Cooking Class Oleh Chef Ranu, Lomba Mewarnai Tingkat PAUD se-Kota Serang, Fashion Children Carnival, Live  Acoustic, dan Pentas Kesenian Tradisional juga diselenggarakan dalam event Serang Art and Culinary Festival 2017. Event ini diikuti oleh sejumlah para pelaku usaha kuliner tradisional, seniman, Asosiasi Lembaga Usaha Kepariwisataan, rumah makan, hotel/penginapan, dan TP PKK di Kota Serang.

Dengan diadakannya Serang Art and Culinary Festival 2017 diharapkan dapat menjadikan Kota Serang sebagai destinasi witasa unggulan Provinsi Banten, serta mempertahankan warisan leluhur tentang kesenian dan sajian kuliner tradisional nusantara sebagai warisan budaya. (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here