Mengulik Kisah Hidup Chris Lie, Komikus Indonesia Di Balik Kesuksesan Marvel

Photo: MLDspot

Inspirator pasti tidak asing lagi dengan kesuksesan komik Spiderman dan Iron Man yang sudah dikenal secara internasional. Siapa sangka, ternyata ada orang Indonesia terlibat dalam pembuatannya, lho.

Namanya Chris Lie, komikus sekaligus ilustrator asal Indonesia yang ikut menggambar karakter-karakter superhero tersebut. Passion-nya pada dunia komik membuat Chris Lie mampu menghasilkan banyak karya yang beberapa di antaranya mendapatkan penghargaan dan nominasi. Misalnya saja, komik Return of the Labyrinth yang masuk daftar manga best seller di The New York Times.

Kembali ke Tanah Air

Setelah sempat berkarier di luar negeri dan menjadi bagian dari agensi Marvel di Amerika Serikat, Chris Lie kembali ke Indonesia membawa satu misi. Dia ingin mengajak bekerja sama komikus-komikus dalam negeri untuk dapat memperkenalkan karya mereka ke masyarakat. Bagi Chris Lie, impiannya saat ini adalah memajukan industri komik dalam negeri. Dia sangat yakin anak bangsa punya talenta dan potensi besar untuk membuat komik berkualitas–baik dari segi gambar maupun cerita.

Photo: MLDspot

Untuk mewujudkan impiannya itu, Chris Lie mendirikan studio ilustrasi dan komik di Jakarta, yang diberi nama Caravan Studio, pada 2008. Seiring berjalannya waktu, lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Arsitektur ini melebarkan sayap dengan mendirikan penerbitan komik Re:ON Comics bersama Andik Prayoga dan Yudha Negara Nyoman pada Juli 2013.

Photo: reoncomics.com | maskot Re:ON Comics

Menyediakan wadah untuk komikus

Re:ON Comics memproduksi komik seri dengan beragam cerita bersambung bergaya manga yang menyasar pembaca muda. Mungkin Inspirator termasuk pembaca setia Re:ON Comics? Kalau ya, pasti tahu karakter di komik serial ini.

Re:ON Comics menjadi wadah komikus dari berbagai daerah untuk menyalurkan karya-karyanya sehingga dapat lebih dikenal masyarakat. Chris Lie juga mengungkapkan bahwa komikus harus menyadari pentingnya intellectual property dalam industri kreatif. Misalnya, selain memproduksi komik, harus ada penunjang promosinya seperti merchandise, CD lagu, dan media sosial. Terbitan pertama volume 1 komik ini berhasil terjual 970 eksemplar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari pembaca.

Beberapa komikus yang mengisi komik tersebut misalnya Is Yunarto dari Surabaya yang membuat karya berjudul The Grand Legend Ramayana; Annisa Nisfihani dari Tenggarong yang membuat karya berjudul Me vs Big Slacker Baby; Ockto Baringbing dan Ino Septian yang menciptakan tokoh Galauman. Apakah Inspirator pernah membaca salah satu karya Re:ON Comics di atas?

Lika-liku perjalanan karier Chris Lie tidak mudah. Dia berharap Caravan Studio dan Re:ON Comics semakin dikenal dalam skala nasional maupun internasional. Dengan begitu, industri kreatif di Indonesia pun semakin maju.

Sempat diragukan

Awalnya, impian dan profesi Chris Lie saat ini sempat diragukan orangtuanya. Meskipun dia masuk jurusan Arsitektur dan lulus dengan predikat cum laude, Chris Lie tetap meluangkan waktu untuk menekuni kegemarannya pada dunia komik. Saat masih berkuliah, Chris sempat mendirikan studio komik bersama teman-temannya yang diberi nama Bajing Loncat. Satang, studio itu terpaksa bubar karena kurang menguntungkan.

Photo: MLDspot | Ilustrasi karya Chris Lie

Meskipun begitu, passion tidak bisa bohong. Chris Lie akhirnya memutuskan untuk total berkarier di dunia komik. Sejak itu, Chris Lie berhasil mencetak prestasi dengan karya-karyanya, misalnya pada 2001 dia menjadi juara di ajang International Art Festival; mendapatkan beasiswa Fullbright Scholar untuk kuliah di kampus impian–Savannah College of Art and Design, Georgia, Amerika Serikat–dan pada 2004 mendapatkan kesempatan magang di penerbitan komik independen ternama di Chicago–Devil’s Due Publishing.

Saat magang itulah Chris menggarap ilustrasi, kemasan, action figure, serta media promosi lain untuk komik GI Joe Sigma. Lambat laun, kariernya semakin menanjak dan namanya terkenal di kalangan penggemar komik Amerika Serikat.

Sosok di balik kemajuan industri kreatif

Chris Lie adalah sosok inspiratif yang mampu menginspirasi pekerja industri kreatif lainnya untuk tetap berkarya. Berkat niat, hobi, ketekunan dan kerja keras, passion Chris di dunia komik membuahkan manfaat. Kegigihan Chris Lie patut dicontoh. Berawal dari impian, anak muda Indonesia berhasil mengharumkan nama Indonesia di dalam maupun luar negeri.

Nah, Inspirator juga ingin berkarier sesuai passion seperti Chris Lie? Asah terus hobimu, jangan pernah berhenti berkarya, dan jangan mudah menyerah, ya!

(Sumber: Kompas)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here