Mengenal Zaha Hadid, Arsitek Wanita dan Muslim Pertama di dunia

Jika Inspirator pengagum karya arsitektur unik dunia, tentu sudah sudah tidak asing lagi dengan sosok arsitek yang satu ini, Zaha Hadid. Arsitek Britania kelahiran Irak ini tak lain adalah wanita pertama dan Muslim pertama yang meraih Penghargaan Arsitektur Pritzker.

Untuk menghargai jasa dan perannya dalam dunia arsitektur, Google Doodle menampilkan sosok Zaha Hadid di laman utama pencarian Google. Tepatnya hari ini 31 Mei 2004 silam, Hadid menerima Penghargaan Arsitektur Pritzker.

Prestasi sang arsitek tak berhenti disitu saja. Semasa hidupnya ia tercatat meraih Penghargaan Stirling pada 2010 dan 2011. Pada 2012, ia diberi Dame Commander of the Order of the British Empire dan pada 2015 ia menjadi wanita pertama yang diberi penghargaan RIBA Gold Medal dalam haknya sendiri.

Hadid lahir pada 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak, dari sebuah keluarga Muslim kelas atas. Ayahnya, Muhammad al-Hajj Husayn Hadid, adalah seorang industrialis kaya dari Mosul, Irak. Hadid belajar matematika di Universitas Amerika sebelum berpindah, pada 1972, ke London untuk belajar di Architectural Association School of Architecture. Disana, ia belajar tentang seni dan arsitektur hingga menemukan inspirasi dalam bentuk yang tidak konvensional. Hadid menciptakan sketsa enerjik yang mengekplorasi bentuk dan fungsi.

Pada 31 Maret 2016, Hadid meninggal karena serangan jantung di rumah sakit Miami, dimana ia dirawat akibat penyakit bronkitis. Semasa hidupnya, rancangan arsitektur Hadid tersebar di beberapa negara. Berikut beberapa maha karya arsitektur Zaha Hadid.

Heydar Aliyev Center – Azerbaijan

Foto: discoverazerbaijan.az/

Vitra Fire Station – Jerman

Foto: architectural-review.com

Salerno Maritime Terminal – Italia

Foto: domusweb.it

Stadion Al-Warkah – Qatar

Foto: constructionweekonline.com

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here