noken
Foto: ulinulin.com

Apakah kalian tahu tentang noken? Bagi banyak orang, noken masih terasa asing. Padahal, tas yang berasal dari Papua ini sejak 4 Desember 2012 telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, loh! Apa sih memangnya yang membuat tas ini spesial? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  1. Cara membawanya anti-mainstream!

Foto: kidnesia.com

Noken adalah tas asli Papua yang terbuat dari serat kulit kayu pohon. Salah satu pohon yang biasa digunakan adalah pohon genemo. Sama dengan tas pada umumnya, noken digunakan untuk membawa barang. Yang membedakannya adalah cara membawanya. Orang-orang di Papua membawa noken dengan diletakkan di kepala. Cara unik inilah yang membuat noken masuk dalam daftar warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO.

  1. Tas multifungsi

Noken yang digunakan untuk menggendong bayi (Foto: womantalk.com)

Orang Papua umumnya menggunakan noken untuk membawa hasil pertanian seperti sayuran dan umbi-umbian ke pasar. Disamping itu, noken juga digunakan untuk membawa barang lainnya tergantung ukurannya. Ukuran paling besar sering digunakan para ibu untuk mengangkut hasil pertanian atau mengangkut kayu bakar. Sedangkan yang ukuran sedang digunakan sebagai tempat buku dan alat tulis oleh anak sekolah. Bahkan, noken juga dipakai untuk menggendong anak yang belum bisa berjalan dan tempat menaruh anak babi, loh! Nggak hanya itu, di sejumlah tempat di Papua, noken juga masih digunakan sebagai pengganti kotak suara pemilu. Wah, banyak banget ya fungsinya!

  1. Sebagai simbol banyak hal

Wanita yang sedang membawa noken (Foto: ulinulin.com)

Noken dianggap sebagai simbol perdamaian di Papua. Hal ini karena meskipun di Papua ada kira-kira 250 suku, tetapi semuanya menggunakan noken untuk kegiatan mereka sehari-hari. Selain perdamaian, noken juga menyimbolkan kehidupan yang baik dan kesuburan bagi masyarakat di Papua. Dulu, noken juga menjadi simbol kedewasaan bagi wanita. Jika seorang wanita belum bisa membuat noken, maka ia dianggap belum dewasa dan belum boleh menikah.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY