Mengenal Menong, Ikon Perempuan Cantik Khas Purwakarta

menong
Suvenir dan ikon Purwakarta, Menong. (Foto: Kompas.com)

Jika Inspirator berencana berwisata ke Purwakarta, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi desa Plered, tempat dimana perempuan cantik dan lucu “Menong” berada. Menong yang memiliki arti perempuan cantik ini adalah suvenir khas Purwakarta.

Sesuai dengan namanya, Menong Purwakarta memang cantik dan lucu. Kulitnya kuning langsat, bibirnya mungil, beralis panjang dan mengenakan pakaian tradisonal.

Sejak muncul pada tahun 1980-an, Menong terus mengalami perkembangannya. Suvenir yang terbuat dari tanah liat ini sudah beberapakali dimodifikasi menjadi beberapa bentuk wajah. Salah satunya menjadi dua wajah di bagian depan dan belakang. Satu wajah memiliki kesan baik dan satunya lagi kesan jahat.

“Layaknya manusia yang tidak hanya memiliki sifat baik saja, ataupun sifat jahat saja. Bahkan, dalam diri satu manusia bisa memiliki sifat bermacam-macam, itulah yang ingin dipotret menong,” tutur Bupati Purwakarta, seperti dilansir dari Kompas.com.

Patung Menong dijual per paket. Satu paket terdiri dari tiga menong, yakni menong ibu, dan kedua anak perempuannya yang besar dan kecil. Jika dilihat dari ukuran, tiga menong tersebut memiliki tinggi 25 cm, 16 cm, dan 12 cm.

Menong tersebut, bisa diperoleh di beberapa tempat penjual suvenir. Misalnya, di beberapa toko di Plered atau Galeri Menong. Harganya beragam, tergantung ukuran. Untuk menong cantik dijual per paket, namun ada pula yang dijual satuan dengan harga Rp 100.000.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here