Mengenal Karl Landsteiner, Penemu Penggolongan Darah

Photo: google

Golongan darah manusia terbagi menjadi 4–golongan darah A, B, AB, dan O. Nah, sudah tahukah kamu, siapa orang dibalik penemuan golongan darah ini? Yuk, berkenalan dulu dengan Karl Landsteiner, orang pertama yang menemukan penggolongan darah.

Berjasa di bidang kedokteran

Karl Landsteiner lahir di Wina, Austria, pada 14 Juni 1868. Di usia 6 tahun, Landsteiner sudah ditinggal wafat oleh sang ayah. Hal itulah yang membuat Karl Landsteiner tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Beranjak dewasa, Karl Landsteiner mengambil jurusan kedokteran di Universitas Wina. Pengalamannya di bidang kedokteran ini membuatnya terus berusaha untuk menghasilkan berbagai karya dan penemuan. Setelah Karl Landsteiner lulus, ia pun tetap melanjutkan berkarya dalam dunia kedokteran.

Photo: google

Penemuan penggolongan darah ini ditemukan oleh Karl Landsteiner untuk memudahkan manusia dalam melakukan transfusi darah. Sebelum adanya penggolongan darah ini, banyak korban kecelakaan dan orang kekurangan darah yang tidak bisa mendapatkan pertolongan melalui transfusi darah. Setelah penemuan ini ditemukan, banyak manusia yang tertolong nyawanya karena bisa mendapatkan transfusi darah.

Mendapat banyak penghargaan

Photo: Wikipedia

Selain menemukan penggolongan darah, Karl Landsteiner juga berhasil menemukan virus polio dan serum dalam darah. Kegigihannya menekuni dunia kedokteran membuatnya mendapatkan banyak penghargaan. Landsteiner pernah mendapatkan Aronzon Prize—penghargaan di bidang mikrobiologi—tahun 1926, dan dianugerahi hadiah Nobel tahun 1930. Berkat penemuan-penemuannya ini, pemerintah Austria mengabadikan wajah Karl Landsteiner pada salah satu pecahan mata uang. Karl Landsteiner dinyatakan wafat pada 26 Juni 1943.

Meskipun Karl Landsteiner telah tiada, penemuannya tetap abadi dan telah membawa manfaat untuk banyak orang. Inspirator juga bisa seperti Karl Landsteiner, bahkan lebih! Asalkan tekun pada bidang yang kamu suka, kamu pasti akan menghasilkan karya atau penemuan yang bermanfaat dalam kehidupan. Siap menjadi Karl Landsteiner selanjutnya?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here