desain grafis
Ilustrasi: Deviantart.net

Tahukah Inspirator jika hari ini, tepatnya 27 April diperingati sebagai Hari Desain Grafis Dunia atau World Graphic Design Day. Yap, Hari Desain Grafis ini diperingati sekaligus sebagai peringatan hari kelahiran Icograda, asosiasi desain grafis di Kanada pada 1963, yang juga memiliki jaringan di hampir seluruh dunia.

Icograda (The International Council of Graphic Design Associations) merupakan lembaga dunia untuk para profesional di bidang desain komunikasi. Lembaga ini melingkupi isu desain grafis, komunikasi visual, manajemen desain, promosi, pendidikan, penelitian, dan jurnalisme. Lembaga ini mengusung peran penting desainer komunikasi dalam masyarakat dan dunia industri.

Desain Grafik Dunia menjadi momentum bagi para desainer untuk mengukuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual di dunia.

Apa itu desain grafis?

Menurut Wikipedia, Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual yang mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.

Siapa tokoh di balik desain grafis?

Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

Henry Cole (Foto: Wikipedia)

Pada tahun 1843, Cole mendesain kartu Natal yang pertama di dunia. Dengan memakai nama samaran Felix Summerly, Cole membuat desain untuk sejumlah produk, termasuk teko produksi Minton yang memenangi penghargaan. Selain itu, Henry Cole juga menulis seri buku cerita anak dengan nama pena Felix Summerly.

Pameran Dunia tahun 1851 di Taman Hyde, London (Foto: Wikipedia)

Selain Henry Cole, tokoh desain grafis lainnya adalah Jan Tschichold. Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20.

Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY