Anak Muda Harus Memanfaatkan Peluang Ekonomi Kreatif

Mengenal Dan Memanfaatkan Era Ekonomi Kreatif
Foto: Kalbis.ac.id

Ekonomi kreatif digadang-gadang menjadi kekuatan baru perekonomian Indonesia di masa depan. Bahkan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia kian giat mensosialisasikan ekonomi kreatif melalui berbagai kegiatan. Tetapi Inspirator tahu gak sih apa itu ekonomi kreatif? Apa manfaat dan bagaimana memanfaatkan era ekonomi kreatif? Yuk, simak ulasannya Inspirator Freak.

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang berlandaskan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep yang pertama kali ini diperkenalkan oleh John Howkins dalam bukunya The Creative Economy: How People Make Money from Ideas menekankan bahwa kegiatan ekonomi input dan outputnya adalah gagasan.

Ada beberapa hal yang menjadi karakteristik dari ekonomi kreatif yaitu berbasis pada ide atau gagasan, adanya kolaborasi antara pelaku yang berperan dalam industri kreatif, yaitu cendekiawan (kaum intelektual), dunia usaha, dan pemerintah, serta pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.

Konsep ekonomi kreatif sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006 di mana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Proses pengembangan ini diwujudkan pertama kali dengan pembentukan Indonesian Design Power oleh Departemen Perdagangan untuk membantu pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo terbentuklah lembaga baru non kementerian bernama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Badan ini bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Manfaat Dan Memanfaatkan Era Ekonomi Kreatif

Menurut SBY, ekonomi kreatif merupakan satu dari tiga sektor yang dapat mendorong perekonomian Indonesia di saat ekonomi dunia melambat. Dua sektor lain, yaitu pariwisata serta tenaga kerja yang handal, terampil, dan berbudaya. Tiga sektor ini, punya potensi cukup besar, keunggulan serta peluang devisa yang tinggi.

Manfaat lainnya adalah memberikan kontribusi ekonomi, lapangan pekerjaan baru, pemberdayaan UKM, menciptakan inovasi dan kreativitas, membangun citra dan identitas bangsa, serta memberikan dampak sosial.

Dengan Manfaat Demikian, Bagaimana Memanfaatkannya?

Gagasan sebagai modal utama ekonomi kreatif tentu saja membutuhkan kreativitas dan inovasi. Selain itu outputnya baik berupa barang atau jasa harus memiliki nilai ekonomi. Jadi, kreatif dan inovatif saja tidak cukup.

Penting juga, Inspirator, untuk mengenali potensi yang ada di diri dan sekitar kita sehingga bisa menciptakan peluang baru. Satu hal lagi yang tak kalah penting, eksekusi dengan cepat dan tepat kreativitas dan inovasi yang sudah Inspirator ciptakan. Kenapa? Karena di era digital ini semua orang akan berlomba-lomba menjadi yang pertama. Inspirator enggak mau kan jadi pengekor dan dianggap ikut-ikutan. Jadi, jangan kelamaan menyimpan ide dan keduluan orang lain ya!

Bagaimana Inspirator, memilih tertarik atau tertinggal di era ekonomi kreatif?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah
Editor : Dylan Aprialdo Rachman

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here