Mengenal Bang Jack, Juru Parkir Berhati Mulia Yang Sediakan Sekolah Gratis Untuk Anak-Anak Kurang Mampu

sekolah gratis
Foto: Boombastis.com

“Nilai diri tidak diukur dari seberapa banyak materi yang kita miliki. Tidak dilihat dari seberapa tinggi pendidikan atau jabatan. Apalagi keelokan wajah kita. Nilai diri diukur dari empat elemen yaitu kejujuran, tanggung jawab, kepedulian dan saling menghormati.”

-Ainy Fauziyah, Leadership coach & motivator

Quotes diatas sangat pas jika disandingkan dengan sosok inspiratif yang satu ini, Undang Suryaman. Bagi yang tak mengenalnya, Undang hanyalah seorang juru parkir di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung. Dimana penghasilannya seharinya hanya Rp. 50 ribu.

Tetapi tahukah Inspirator jika sosok yang satu ini adalah pribadi yang luar biasa. Undang adalah seorang pejuang pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Juru parkir yang dikenal dengan panggilan Bang Jack ini membuat sebuah sekolah gratis untuk anak-anak di lingkungannya.

Sulit dan mahalnya pendidikan di masa lalu, melatar belakangi Bang Jack membuat sekolah gratis. Awalnya, kegiatan belajar murid-murid dilaksanakan di area masjid saat jumlahnya masih sedikit. Namun ketika jumlah siswa sudah bertambah, juru parkir ini dan istrinya menyulap rumah mungil mereka sebagai ruang kelas. Tidak hanya rumah sendiri, rumah mertua Bang Jack juga harus dibongkarnya juga agar bisa menampung para siswa.

Di pagi hari ruangan yang telah dibongkar itu sebisa mungkin dijadikan tempat yang nyaman untuk belajar. Dan ketika jam belajar berakhir, di malam hari keluarga ini kembali mempergunakan ruangan tersebut untuk tidur.

Foto: Boombastis.com

Di awal sekolah, bang Jack sempat mendapatkan komentar negatif. Bahkan ia dianggap berbohong sehingga sekolah rintisannya disebut sekolah odong-odong. Ada pula celetukan “ini orang miskin ngediriin sekolah, bener apa nggak?”

Di tengah keraguan masyarakat akan dirinya, bang Jack ini tetap pada keyakinannya. Ia tidak mau anak-anak bernasib sama sepertinya dulu. “Walaupun kita miskin, kalau tekad kita bulat untuk itu, InsyaAllah Allah kasih jalan. Dan itu kekuatan saya sampai sekarang. Saya ingin jadi pemenang bukan pecundang,” ungkapnya, seperti dikutip dari Boombastis.com.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here