Sosok Mengagumkan: Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Hari ini, 2 Mei, ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dan tentunya tidak terlepas dari sosok mengagumkan, Bapak Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara mengeluarkan tiga semboyan yang menjadi pilar pendidikan Indonesia dan pegangan guru untuk mendidik anak-anak didiknya supaya berbudi pekerti luhur.

Tiga semboyannya yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo (ketika berada di depan harus menjadi teladan, menjadi contoh yang baik), Ing Madya Mangun Karso (ketika berada di tengah harus bisa memberi semangat), dan Tut Wuri Handayani (ketika berada di belakang harus mendorong anggota-anggota yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik).

Dari tiga semboyan ini dapat kita lihat pentingnya budi pekerti dalam pendidikan, karena seorang pendidik tidak hanya dilihat dari kecerdasannya, melainkan juga budi pekertinya.

Mengenal sosok mengagumkan Ki Hajar Dewantara
Source google

Mengenal Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889, sebagai putra kelima Paku Alam III. Nama aslinya Soewardi Soeryaningrat; karena dia ingin membumi di tengah perjuangannya, dia mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara pada usia 39 tahun. Ki Hajar Dewantara pantas menjadi teladan untuk kita semua, karena walaupun dilahirkan di keluarga ningrat dan berada, yang tentunya dia tidak perlu cemas akan pendidikan, tapi hati nuraninya tergerak untuk melawan penjajah Belanda (pada masa itu kebijakan Belanda yang berlaku adalah pendidikan hanya diperuntukan bagi anak keturunan Belanda, dan orang-orang kaya.

Dengan meneladani sikap kepahlawanan Ki Hajar Dewantara, mari kita berjuang supaya pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan mencerdaskan anak-anak Indonesia. Ada banyak sosok Ki Hajar Dewantara zaman now di sekitar kita yang tergabung di komunitas seperti Organisasi Indonesia Mengajar dan ada Butet Manurung, pendiri Sekolah Rimba.

Kamu juga bisa memilih bergabung di komunitas lain yang menerima sukarelawan di bidang pendidikan dengan mengecek laman Internet, salah satunya Indorelawan.org.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here