Mendengar Percakapan di Media Sosial, Apa Manfaatnya?

Social Media User

Apakah Inspirator tahu bahwa saat ini 80% data yang ada di dunia adalah unstructured data yang dihasilkan dari internet, dan sebagian besar berasal dari media sosial? Lebih dari itu, 90% dari data tersebut baru dihasilkan dalam 2 tahun terakhir. Lalu, apa yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dari data tersebut?

Disebut sebagai miniatur dari masyarakat karena mewakili pemikiran mengenai berbagai hal, media sosial bukan hanya sarana berbagi momen dan foto, namun juga tempat di mana brand, produk, dan layanan, diperbincangkan secara jujur dan bebas oleh pengguna. Bayangkan jika percakapan tersebut ditangkap oleh Inspirator sebagai pelaku bisnis, manfaat seperti apa yang Inspirator dapatkan.

Mereka Berbicara Harapan

Konsumen bisa sangat aktif mengungkapkan pendapat mereka di media sosial. Tidak melulu menulis tentang keluhan mereka, namun juga harapan dan saran mereka pada suatu produk yang mereka gunakan. Mereka memberikan pandangan mengenai apa yang harus Inspirator lakukan sekaligus hindari agar produk Inspirator bisa menjawab permasalahan mereka sehingga mampu merebut perhatian pasar. Pelaku bisnis mana yang tidak mau?

Mereka Mencari Inspirator

Bisnis Inspirator sudah terkonsep dengan baik. Produk Inspirator berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Sayangnya, potential customer tidak tahu bahwa produk Inspirator ada.  Di media sosial, menemukan orang-orang yang sedang mencari produk Inspirator menjadi mungkin. Ada dua manfaat yang bisa dirasakan dari sini. Pertama, Inspirator tidak perlu lagi mendekati orang secara acak demi mempromosikan produk (di mana orang tersebut belum tentu tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan). Kedua, Inspirator menghemat waktu, biaya, dan tenaga, karena langsung menyasar orang-orang yang tepat. Menarik, bukan?

Mereka Ingin Direspon

Sekarang, bayangkan Inspirator telah menemukan sejumlah orang yang sedang membutuhkan produk seperti yang Inspirator punya, atau memiliki pertanyaan seputar industri bisnis Inspirator . Langkah apa yang perlu Inspirator ambil selanjutnya? Beri respon sebelum kompetitor Anda melakukannya. Bisnis Inspirator menjadi penyelamat yang memberikan jalan keluar bagi mereka. Ke depannya, jangan heran jika mereka cenderung memilih menggunakan produk Inspirator (apalagi dengan keaktifan Inspirator di media sosial) dan membangun loyalitas mereka pada brand milik Inspirator. Loyalitas konsumen adalah segalanya bagi pelaku bisnis, setuju?

Nah, dengan menyimak sederet manfaat tersebut, semoga bisa menjawab permasalahan Inspirator yang mengalami kesulitan dalam menemukan potential customer.
Ingin belajar tentang social media analytics sekaligus mendapat kesempatan untuk mengolahnya dengan tools yang tepat? Ikuti Workshop Class in Social Media “How Social Media Can Scale Up Your Business”. Selain belajar mengenai social media analytics, kamu bisa belajar dengan 14 Mentor/Co-Founder/CEO & Venture Capital lainnya.

Startup Connext Conference

Siapakah dia? dia adalah :

– Kevin Mintaraga, Founder & CEO Bridestory
– Gunawan Susanto, CEO IBM Indonesia
– Andy Zain, Managing Director Kejora Ventures
– Dani Oei Wirianto, GDP Ventures
– Djemi Suhenda, Deputy President Director Bank BTPN
– Iman Usman, Founder & CEO ruangguru.com
– Sam Gadodia, Founder & CEO LotusFlare (Silicon Valley)
– Joseph Aditya, CEO Ralali.com
– Rama Notowidigdo, Co-Founder & CPO Go-Jek

Selain itu, Workshop bersama:

– Anthony Liem, Managing Director Semut Api Colony (Branding & Marketing)
– Billy Boen, CEO Young On Top (Vision & Ideas)
– Joh Juda, Senior Analyst GDILab (How Social Media Can Scale Up Your Business)
– Rieke Caroline, CEO buatkontrak.com (Pentingnya Sebuah Kontrak Dalam Bisnis)
– Nazier Ariffin, Fenox Venture Capital (How To “Pitch Deck” to Investor)
– Safir Senduk, Perencana Keuangan (The important things financial management in business)

Start Up Connext Conference 2016 diselenggarakan hari Sabtu, 5 November 2016 pukul 09.00-17.00 WIB di Ballroom Kuningan City, Jakarta. Dapatkan Free Social Media Analytics Tools GDIAnalytics dari GDILab senilai Rp1.000.000,-.

Online Registration: www.youngontop.com/scc2016

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@InspiratorFreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here